14 Sep 2018 15:09

APBD 2019 Kabupaten/Kota di Sulut Bakal `Dikuliti`, Pengamat: Ada yang Hanya Copy Paste

MyPassion

MANADOPOSTONLINE.COM—Pemerintah Provinsi (pemprov) Sulut bertugas mengevaluasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2019 kabupaten/kota. Menurut Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Sulut Gamy Kawatu, dalam evaluasi kali ini, pemprov akan lebih ketat. Tim evaluasi akan memastikan apakah anggaran yang diatur sesuai dan tepat sasaran atau tidak.

 

“Jika ada kegiatan yang dinilai tim tidak cocok dan tidak memberikan asas manfaat, maka itu akan dikembalikan ke kabupaten/kota yang bersangkutan,” ujarnya.

Lanjutnya, yang pokok dalam penataan APBD, harus mengutamakan asas manfaat. “Karena APBD 2019, harus sepenuhnya dirasakan manfaatnya oleh masyarakat," terangnya sambil menambahkan Oktober nanti pembahasan dan evaluasi APBD 2019 kabupaten/kota sudah akan diintensifkan.

Sementara itu, pengamat pemerintah Welly Waworundeng, mengkritisi perencanaan kegiatan dalam APBD kabupaten/kota. Menurutnya, ada kabupaten/kota yang hanya mencari mudah dengan copy paste APBD lama. Yang beda hanya tanggal serta tahun dalam kegiatan.

"Itu kita temui di lapangan. Ternyata ada yang cari gampang. Jadi kegiatan yang sama, hanya diganti tanggal dan tahunnya. Dan itu kembali diterapkan dalam APBD yang baru. Ini kan sama sekali tidak masuk dalam asas manfaat APBD. Masalahnya, kegiatan yang sama diulang setiap tahun. Namun tidak ada perkembangan," tegasnya. (tr-02/can)

Kirim Komentar