14 Sep 2018 11:27

429 Guru di Sitaro Belum Sertifikasi

MyPassion
Agustina Budiman

MANADOPOSTONLINE.COM — Dari 917 tenaga pengajar berstatus PNS, hanya 488 memiliki sertifikasi profesi guru dan layak menerima TPG. Artinya ada 429 guru belum bersertifikasi. Sekretaris Dinas Pendidikan Agustina Budiman menjelaskan, ada upaya pemerintah daerah menjamin kesejahteraan pendidik yang masuk kategori non sertifikasi. "Salah satunya melalui program tamsi yang dikhususkan untuk guru belum bersertifikasi. Jadi tetap akan diberikan tunjangan 250 ribu per bulan. Selain itu, adanya tunjangan bagi guru di daerah sangat terpencil merupakan salah satu komitmen memperhatikan kesejahteraan para pengajar. Sebab penerima tunjangan ini, tanpa harus melihat apakah sudah sertifikasi atau belum," tuturnya

Budiman menjelaskan, besaran tunjangan khusus guru daerah sangat terpencil disesuaikan dengan golongan. "Kita alokasikan satu kali gaji pokok. Yakni 2,2 juta untuk golongan II, 2,6 juta golongan III, dan 3,7 juta bagi golongan IV. Saat ini, ada 19 guru menerima tambahan tunjangan tersebut, yakni di Pulau Biaro dan Pulau Makalehi," jelasnya.

Selain itu guru non sertifikasi juga menerima Tunjangan Penghasilan PNS (TPP). Dimana penerima dikategorikan berdasarkan golongan dan daerah mengajar. Untuk di wilayah perkotaan diberikan Rp 1,3 juta untuk golongan II dan Rp 1,7 juta bagi golongan III dan IV. Sedangkan di daerah terpencil golongan II menerima Rp 1,4 juta dan Rp 1,8 juta bagi golongan III dan IV. “Serta 1,5 juta bagi golongan II di daerah sangat terpencil dan 1,9 juta untuk golongan III dan IV," kuncinya.

Sementara itu Plt Bupati Sitaro Drs Herry Bogar MM meminta seluruh tenaga pengajar meningkatkan performa. "Sebab besaran tunjangan yang diberikan pada guru ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja. Jangan ada lagi tidak bekerja sesuai standar yang ditentukan," tuturnya. (drp/gel)

Kirim Komentar