13 Sep 2018 14:05
Dibuktikan dengan Kinerja

Sudah Dua Periode, Peluang Terbuka

MyPassion
Maxi Egeten

MANADOPOSTONLINE.COM—Pemilihan legislatif (Pileg) 2019 bagi sebagian bakal calon bukan hal yang pertama. Khusus di DPRD Provinsi Sulut, sejumlah legislator sudah akan menginjak periode ketiga. Beberapa bahkan lebih dari tiga periode. Menurut pengamat politik Dr Maxi Egeten, incumbent yang sudah masuk tiga periode, kinerjanya makin dinilai masyarakat. Apakah memberikan kontribusi bagi daerah, atau tidak. Jika dinilai tidak bisa membawa aspirasi, mereka akan berpeluang tidak kembali terpilih.

 

"Mereka ini yang unik. Pasalnya sudah berapa kali diberikan kesempatan masyarakat. Terpilih atau tidaknya dirinya, tergantung selama dirinya menjadi anggota DPRD. Jadi kalau terobosan yang dilakukan sangat bagus. Maka peluang untuk terpilih sangat besar. Keterpilihan mereka 50:50. Kalau masyarakat nilai, sudah diberikan kesempatan namun tidak memberikan perubahan, saya yakin mereka tidak akan lagi terpilih," sebutnya.

Namun menurut Egeten, jika sudah dua kali terpilih berarti kepercayaan masyarakat besar. Mereka ini juga, cenderung untuk berjuang menyuarakan aspirasi. Karena tergolong politis senior. Tidak lagi mencari panggung. "Kalau dua kali sudah dipercayakan masyarakat, peluang ke tiga kali juga ada. Karena mereka ini sudah dinilai senior dan mampu memperjuangkan semua aspirasi. Mereka ini juga lebih cenderung bekerja dibandingkan mencari panggung. Kan sudah senior. Kemungkinan, ada ekspektasi pekerjaan yang belum terwujud, sehingga mereka kembali maju," terangnya.

Beberapa incumbent yang diwawancarai mengaku menyerahkan sepenuhnya pada masyarakat. “Selama dipercayakan di DPRD Sulut kita sudah bekerja dan ikut memperjuangkan aspirasi masyarakat. Pasti para pemilih bisa menilai itu,” kata Edison Masengi. Senada disampaikan Rasky Mokodompit. “Kita sudah bekerja. Masyarakat yang menilai,” sinhkat politikus muda Golkar ini. Di PDI Perjuangan ada nama Andrei Angouw dan Teddy Kumaat. Keduanya punya peluang besar. Apalagi Angouw kini menjabat Ketua DPRD Sulut.

Berikut Daftar Incumbent yang Lebih dari Satu Periode di DPRD Sulut

Andrei Angouw              PDI Perjuangan

Teddy Kumaat               PDI Perjuangan

Ivone Bentelu                Partai Demokrat

Cindy Wurangian         Partai Golkar

Raski Mokodompit      Partai Golkar

Eddyson Masengi       Partai Golkar

Sjenny Kalangi            Partai Gerindra

Juddy Moniaga            Partai Gerindra

Netty Pantow                Partai Demokrat

Ayub Ali                          PAN

(gel)

Kirim Komentar