13 Sep 2018 18:00

Suami Beyonce Jadi Musisi Hip-Hop Termahal 2018

MyPassion
Berkat dua tur yang dilakukan selama setahun terakhir, Jay-Z disebut mendapatkan bayaran hingga US$76,5 juta atau Rp1,1 triliun.(AFP PHOTO / ANGELA WEISS)

MANADOPOSTONLINE.COM---Suami Beyonce, Jay-Z baru saja dinobatkan sebagai musisi hip-hop termahal 2018 versi majalah Forbes. Jay-Z disebut mendapatkan bayaran hingga US$76,5 juta atau Rp1,1 triliun.

Capaian Jay-Z tersebut disebut berkat tur 4:44 yang ia lakukan pada 2017 dan disusul dengan tur On The Run II bersama Beyonce yang saat ini masih ia jalani.

Bayaran Jay-Z itu pula membuat dirinya menjadi musisi termahal dibanding sesama musisi hip-hop. Majalah Forbes mencatat, rata-rata musisi hip-hop mendapatkan bayaran US$44 juta berkat iklan dan tur dunia.

Setelah Jay-Z, musisi Sean 'P Diddy' Combs menjadi musisi hip-hop dengan bayaran termahal selanjutnya. Pelantun I Need A Girl tersebut diketahui mendapatkan bayaran hingga US$64 juta.

Pendapatan P Diddy tersebut datang dari iklan minuman yang melibatkan dirinya, mulai dari vodka hingga minuman beralkaline.

Di urutan ketiga, ada Kendrick Lamar. Pelantun Humble tersebut disebut mendapatkan bayaran hingga US$58 juta.

Setelah Lamar, ada Drake di nomor empat dengan bayaran sebesar US$47 juta. Meski bukan jadi nomor satu, Drake tercatat sebagai musisi yang karyanya paling didengar dengan total streaming mencapai lima juta kali dalam setahun terakhir.

Forbes menyatakan pengurutan ini berdasarkan kalkulasi yang dilakuka mulai dari Juni 2017 hingga Juni 2018 yang mencakup berbagai hal, mulai dari pendapatan tur hingga karya dan merchandise.

Pun data berdasarkan informasi dari Nielsen SoundScan, Pollstar, Songkick, Bandsintorn, asosiasi RIAA, dan sejumlah wawancara dengan tim dan musisi itu sendiri.

"Kami menghitungnya dari pendapatan tahunan dari tur, penjualan rekaman, streaming, publishing, penjualan merchandise, iklan, dan usaha bisnis lainnya," tulis Forbes. "Manajemer, agensi, dan biaya kuasa hukum tidak dikurangi," (cnn/mpo)

Kirim Komentar