13 Sep 2018 12:50

Salary Luar Negeri `Godaan` Pencaker

MyPassion
Hard Marentek

MANADOPOSTONLINE.COM—Menjadi tenaga kerja Indonesia (TKI) di luar negeri sering menjadi target bagi para pencari kerja (pencaker). Diakui Kepala BP3TKI Hard Marentek, ini karena gaji (salary) yang ditawarkan cukup menjanjikan. "Sebut saja Singapura. TKI bekerja sebagai penatalaksana rumah tangga di sana digaji sebesar 550 dolar Singapore atau sebesar Rp 5,3 juta. Ini tentu menjadi daya tarik tersendiri," ungkapnya.

 

Dia menambahkan, untuk menjadi TKI masyarakat perlu memiliki dan menyediakan dokumen yang dibutuhkan. "Dokumen tersebut antara lain KTP, surat keterangan status pernikahan, surat izin dari keluarga, sertifikat kompetensi kerja, surat keterangan sehat berdasarkan kesehatan dan psikologi, paspor, visa kerja, perjanjian penempatan TKI, perjanjian kerja, dan surat keterangan telah mengikuti pembekalan akhir pemberangkatan," bebernya.

Marentek berharap masyarakat yang ingin menjadi TKI agar menggunakan cara-cara resmi. "Hindari bekerja di luar negeri tanpa mengikuti prosedur resmi," sebutnya. Jika masyarakat ingin bekerja di luar negeri dia mengingatkan agar memastikan diri dengan menghubungi instansi resmi pemerintah. "Bisa hubungi kami BP3TKI Manado atau Dinas Tenaga Kerja kabupaten dan kota setempat," tukasnya.(tr-05/tan)

Kirim Komentar