13 Sep 2018 17:13

Kalahkan Tuan Rumah, Greysia/Apriyani Segel Tiket Perempat Final Jepang Terbuka 2018

MyPassion
Pebulu tangkis ganda putri Indonesia Greysia Polii (kiri) dan Apriyani Rahayu (kanan) mengembalikan kok ke arah lawannya.(Antara/INASGOC/Puspa Perwitasari)

MANADOPOSTONLINE.COM---Ganda putri Indonesia, Greysia Polii/Apriyani Rahayu, berhasil melangkahkah kaki ke babak perempat final kejuaraan Jepang Terbuka 2018. Tiket ke babak ini didapatkan mereka usai mengalahkan pasangan tuan rumah, Sakuramoto Ayako/Takahata Yukiko.

Bertanding di Musashino Forest Sports Plaza, Tokyo, Kamis (13/9/2018) sore WIB, Greysia/Apriyani menang usai melewati pertarungan tiga gim dengan skor 14-21, 21-16, dan 21-10.

Kemenangan ini memang tidak didapatkan dengan mudah oleh Greysia/Apriyani. Sejak awal gim pertma, jalannya pertandingan langsung ketat. Gyersia/Apriyani yang unggul 1-0 lebih dulu langsung disamakan oleh Ayako/Yukiko menjadi 2-2.

Namun, Greysia/Apriyani mampu membuat jarak yang cukup aman usai unggul 5-3 ketika pertandingan berlangsung lima menit. Mulai mengalirnya keran poin ini berimbas pada jalannya pertandingan yang diwarnai dengan reli-reli panjang.

Kondisi ini cukup menguntungkan Greysia/Apriyani yang punya kombinasi permainan depan net dan drop shot ciamik. Alhasil, mereka menjauhkan selisih poin menjadi 7-3. Kendati begitu, Ayako/Yukiko bisa merespons permainan pasangan Indonesia dengan apik untuk menjaga selisih poin tak semakin melebar.

Pertandingan pun semakin alot, pasangan Jepang pun akhrinya bisa menyamakan skor menjadi 9-9. Kondisi ini membuat Greysia/Apriyani mulai goyah hingga akhirnya harus rela menutup interval pertama dengan ketertinggalan 10-11 usai menjalani reli-reli panjang.

Momentum kebangkitan ini membuat Ayako/Yukiko justru semakin nyaman bermain dan membuat Greysia/Apriyani sering melakukan kesalahan sendiri di interval kedua. Keadaan tersebut membuat Ayako/Yukiko melebarkan poin menjadi 16-12.

Greysia/Apriyani sempat memberi perlawanan dengan menahan keran poin Ayako/Yukiko. Akan tetapi, upaya yang dilakukan pasangan Indonesia belum mampu membalikkan keadaan hingga akhirnya harus menyerah 14-21.

Memasuki gim kedua, Greysia/Apriyani coba memperbaiki sistem permainan mereka. Hal ini berjalan apik di awal-awal karena mereka sempat unggul 7-2, meski bisa ditiiskan kembali oleh Ayako/Yukiko menjadi 6-7.

Kendati begitu, Greysia/Apriyani tak mengulangi kesalahan mereka di gim pertama. Pertahanan mereka tetap rapat, ketajaman serangan pun terjaga. Alhasil, interval pertama bisa ditutup dengan keunggulan 11-6.

Momentum kebangkitan pun berada di kubu Indonesia, Greysia/Apriyani mampu melanjutkan penampilan ciamiknya di interval kedua, sekaligus menahan keran poin lawan untuk menjauhkan poin menjadi 16-7. Dengan selisih yang cukup jauh ini, Greysia/Apriyani akhirnya mengamankan gim kedua dengan kemenangan 21-16.

Mampu bangkit di gim kedua seolah memberi Greysia/Apriyani suntikan kepercayan diri. Meski laga masih berjalan ketat, mereka mampu mejaga momentum kebangkitan dengan unggul 4-2 di awal gim ketiga. Kondisi tersebut membuat Greysia/Apriyani kian di atas angin dan bisa menutup interval pertama dengan skor 11-4.

Celah kesalahan Greysia/Apriyani semakin mengecil di interval kedua, selain itu mereka terus menahan keran poin lawan. Ketika laga berjalan 70 menit, mereka menjauhkan keunggulan menjadi 14-6. Lantas, tanpa kesulitan berarti, Greysia/Apriyani menutup gim ketiga dengan kemenangan 21-10.

Adapun, pada perempat final Jepang Terbuka 2018 nanti, Greysia/Apriyani bakal menghadapi perlawanan dari ganda putri asal Bulgaria, Gabriella Stoeva/Stefani Stoeva, yang saat ini menempati peringkat ke-13 dunia.(Kumparan/mpo)

Kirim Komentar