13 Sep 2018 13:33
Penuhi Unsur Langsung Proses Hukum

Jelang Pemilu, Polda Sulut Gencarkan `Patroli` Medsos

MyPassion
Ibrahim Tompo

MANADOPOSTONLINE.COM—Polda Sulawesi Utara (Sulut) menyeriusi berbagai ancaman konten media sosial (medsos). Apalagi jelang pemilihan umum (pemilu) tahun depan. Bentuk antisipasi, Subdit Cyber Crime Polda Sulut mengintensifkan patroli di medsos.

“Bentuk cyber crime meliputi konten penipuan, hoax, dan konten yang mengadu domba. Misalnya ada pemberitaan yang sifatnya tidak benar atau hoax. Adapun berita-berita yang isinya mengadu domba,” beber Kabid Humas Polda Sulut Kombes Pol Ibrahim Tompo.

Menurut Tompo, kejahatan di dunia maya jika tidak ditangani dapat merugikan warga. Lebih parah lagi bisa mengancam persatuan.

“Jadi jika menyangkut hak-hak orang, tentu hak-haknya orang lain itu membatasi hak-hak kita. Nah itu yang harus diwaspadai, menggunakan medsos tanpa menggunakan etika dan norma. Itu sangat beresiko,” kata dia.

Dirinya pun mengatakan, polisi pasti akan melacak siapapun yang menggunakan akun, termasuk anonim, jika melanggar.

“Pada dasarnya, Subdit Cyber Direktorat Reserse Kriminal Khusus, tetap memonitor semua postingan yang ada. Tim siber mendata dan menganalisa setiap postingan yang terpublish oleh pengguna medsos. Postingan oleh akun yang memenuhi unsur-unsur yang dimaksud akan langsung ditindak, ditangkap, dan diproses hukum,” pungkas mantan Wadireskrimsus Polda Maluku Utara itu. (gnr/can)

Kirim Komentar