12 Sep 2018 14:45

Tegela: Pemulangan Jamaah Haji Telah Dipersiapkan

MyPassion
Kepala Bidang PHU Kemenag Provinsi Sulut Aziz Tegela (Dok.Manado Post)

MANADOPOSTONLINE.COM - Tak terasa para Jamaah Haji yang diberangkatkan Agustus kemarin akan segera kembali ke tanah air. Segala persiapan pun sedang dilakukan oleh Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulut.

"Rencananya untuk kloter 12 tanggal 23 September dan untuk kloter 13 25 September," ungkap Kepala Bidang PHU Kemenag Provinsi Sulut Aziz Tegela, Rabu (12/9).

Minggu kemarin, Tegela menyebutkan para panitia sudah melakukan rapat untuk mempersiapkan kepulangan para jamaah haji tersebut. Khususnya emberkasi Balikpapan.

"Memang ada beberapa kendala karena barang-barang yang dibawa pulang oleh jamaah bisa-bisa over kapasitas. Nah, panitia di sini akan berupaya agar barang-barang dari para jamaah haji bisa tiba bersamaan dengan kedatangan mereka," ujarnya.

Menurut Tegela, kondisi pesawat yang tidak bisa dipaksakan untuk menampung sebanyak yang nanti akan dibawa para jamaah tetap akan ditanggulangi.

"Salah satu upaya yang dilakukan adalah kami dari panitia telah membawa pulang terlebih dahulu air zamzam para jamaah. Sekarang air zamzam sudah ada di Sulut di asrama. Seketika mereka tiba, mereka sudah bisa langsung mengambilnya di asrama," katanya.

Dirinya juga menyampaikan, ada dua versi pengambilan air zamzam. "Nanti kami akan koordinasikan ke daerah. Apakah mereka akan ambil di daerah masing-masing. Atau nanti di asrama," tambahnya.

Lanjut dia, upaya ini dilakukan untuk memberikan keringanan bagi para jamaah.

"Jadi setidaknya mereka nyaman juga untuk pulang. Tidak disibukkan lagi dengan barang-barang. Kalaupun ada, tetap akan diupayakan. Sebisa mungkin barang bawaan akan bisa tiba secara bersama-sama. Walaupun ada perbandingan jam tiba," kuncinya.

Diketahui, untuk kedatangan para jamaah haji nanti, melalui pintu Bandara Sam Ratulangi akan diberlakukan satu pintu.(gab)

Kirim Komentar