12 Sep 2018 11:30

Mundur dari Jabatan, Gaji Distop

MyPassion
Sartje Taogan

MANADOPOSTONLINE.COM — Dua pejabat yang ikut perebutan kursi anggota DPRD, selain harus meninggalkan jabatan dipastikan sudah tak menerima gaji sejak September. 

"SK Pensiun keduanya sudah keluar, dan terhitung sejak 31 Agustus. Sehingga untuk gaji September sudah tak berikan," kata Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Mitra Sartje Taogan, Selasa (11/9).

Untuk pengusulan pensiun, dikatakan Taogan, sudah diproses sejak tiga bulan yang lalu. Dengan berkas pensiun dimasukkan terlebih dahulu ke provinsi dan disetujui. Sehingga untuk SK penetapan pensiun langsung ditandatangani bupati.

Dijelaskan Taogan, untuk Kabupaten Mitra sendiri yang mengusulkan pensiun dengan alasan maju calon legislatif (caleg)  hanya dua PNS. Masing-masing Welly Munaiseche yang menjabat Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR). Serta Kepala Dinas Kepala Dinas Perumahan Rakyat Dan Kawasan Pemukiman (PRKP). Sehingga jabatan keduanya diisi Plt. "Untuk Kadis PUPR diisi Asisten III Piether Owu. Sedangkan Plt Kadis PRKP diisi Asisten I Gotlieb  Mamahit," katanya. 

Sementara itu, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mitra Ascke Benu menjelaskan, Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada pendaftaran awal wajib melampirkan surat pengunduran diri sebagai pegawai. "Untuk tahapan awal memang mereka dimintakan untuk memasukkan surat pengunduran diri terlebih dahulu," katanya.

Lebih lanjut dikatakan Benu, satu hari menjelang penetapan daftar calon tetap (DCT), PNS yang menjadi bacaleg wajib memasukkan surat keputusan (SK) pensiun. "Jika tidak menyertakan SK pensiun maka calon tersebut dianggap Tidak Memenuhi Syarat (TMS) sebagai calon. Berdasarkan PKPU Nomor 20 Tahun 2018 tentang pencalonan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat," tandasnnya. (cw-01/tan)

Kirim Komentar