12 Sep 2018 09:08
Sembilan Bulan Ketambahan 15 Ribu Kendaraan

Manado Makin Macet

MyPassion
Grafis

MANADOPOSTONLINE.COM — Jalanan di Manado setiap hari makin macet. Ini tidak lepas dari volume kendaran yang terus bertambah. Data dari UPTD Dispenda Manado ada sebanyak 15.427 kendaraan baru bertambah selang Januari hingga 3 September 2018.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Manado M Sofyan mengatakan, tidak kaget dengan penambahan kendaraan. Karena menurutnya, memang setiap tahun di Manado selalu terjadi penambahan kendaraan signifikan.

“Untuk mengantisipasi kami meminta masyarakat tertib berlalu lintas. Karena dengan masyarakat tertib berlalu lintas akan mengurai kemacetan,” ujarnya.

Dia mengakui, volume jalan di Manado tidak bertambah. Sementara kendaraan terus bertambah.  “Kami akan berkomitmen membantu petugas kepolisian untuk mengurai kemacetan, supaya tidak terjadi stagnan kendaraan di jalan,” katanya.

Lanjutnya, baru-baru ini pihaknya kepolisian telah melakukan rekayasa jalur lalu lintas di beberapa tempat. Ini dilakukan salah satunya untuk mengantisipasi kemacetan akibat penambahan kendaraan.

“Kami kalau pun ada rekayasa lalu lintas, kami tinggal menunggu arahan pihak kepolisian. Karena mereka yang berwenang,” ungkapnya.

Tambahnya, penambahan kendaraan memiliki dampak positif dan negatif. “Kalau dampak positifnya menandakan kesejahteraan masyarakat di meningkatkan. Karena orang memiliki uang untuk membeli kendaraan. Sedangkan dampak negatifnya pasti terjadi kemacetan,” ujarnya.

Terpisah, anggota Komisi A DPRD Manado Roy Maramis meminta, pemerintah kota menyikapi serius masalah kemacetan. Sebab setiap tahun kendaraan baru di Manado terus bertambah. “Pemerintah Kota Manado dan Pemerintah Provinsi Sulut harus duduk satu meja untuk membicarakan masalah ini. Harus dicarikan solusi secara bersama,” pintahnya.

Sementara itu, pengamat ekonomi Joy Tulung mengatakan, penambahan transportasi dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Karena makin lancarnya logistik dan perpindahan orang dalam berbagai kepentingan.

“Tapi tidak bisa dipungkiri juga, penambahan kendaraan membuat kota lebih macet. Namun dengan adanya penambahan kendaraan, menandakan perekonomian masyarakat Manado makin sejahtera. Ini dibuktikan ada daya beli masyarakat yang mampu membeli kendaraan,” pungkas Dosen Fakultas Ekonomi Unsrat tersebut. (ite/can)

Kirim Komentar