20 Agu 2018 17:39

Lebih dari 800 Jembatan Jalan di Prancis Berisiko Ambruk

MyPassion
Jembatan jalan tol di Genoa, Italia yang runtuh dan menewaskan sedikitnya 43 orang, Selasa (14/8). (Local Team via Reuters TV/REUTERS)

MANADOPOSTONLINE.COM — Kementerian Transportasi Prancis menyatakan Lebih dari 800 jembatan jalan di negeri itu berisiko ambruk dalam beberapa tahun mendatang. 

Kementerian Transportasi Prancis menugaskan dua konsultan swasta membuat laporan yang telah dikeluarkan pada Juli, sebelum jembatan jalan tol di Genoa, Italia runtuh. Sedikitnya 43 tewas, termasuk empat turis asal Prancis, Selasa (14/8).

Tragedi runtuhnya jembatan jalan layang Genoa menyebabkan media Prancis menyoroti kembali laporan tersebut pekan ini.

Dilansir Telegraph, laporan Kementrian Transportasi menyatakan sekitar 840 jembatan di Prancis, sepertiga di antaranya dikelola pemerintah menunjukkan bukti-bukti kerusakan yang menimbulkan 'risiko ambruk' jika tidak diperkuat.

Laporan itu menunjukkan bahwa jembatan-jembatan di Prancis, "hanya diperbaiki rata-rata 22 tahun setelah kerusakan pertama terlihat."

Setelah laporan itu terungkap, publik mendesak agar pemerintah menyebut jembatan mana yang dimaksud. Namun hingga kini tidak ada daftar yang dipublikasikan.

Kementerian Transportasi tampak mengecilkan bahaya rapuhnya jembatan-jembatan tersebut. Seorang pejabat kepada Radio Info Prancis menyatakan tidak ada alasan untuk panik.

"Ketika Jembatan digambarkan dalam kondisi buruk atau sangat buruk, Anda harus mempertimbangkan bahwa kita bicara soal kerapuhan dalam jangka panjang. Tidak ada struktur yang dibuka untuk publik jika tidak aman. Jika ada risiko sedikit saja, akan ada tindakan yang segera diambil," kata pejabat tersebut seperti dilansir Telegraph.

Seorang insinyur Prancis yang bekerja dengan arsitek Inggris, yang merancang "Jembatan Millau", jembatan empat lajur di lembah Sungai Tam, Perancis, Selatan mengaku tidak yakin.

"Uang dan insinyur yang trampil dibutuhkan (untuk memelihara infrastruktur). Tapi saya pikir ada lebih sedikit sumber daya manusia ketimbang 20 tahun lalu," kata Michel Virlogeux kepada televisi France3.

Kementerian Transportasi Prancis meningkatkan alokasi dana untuk memperbaiki jembatan sebesar 15 persen. "Kami ingin meningkatkan lebih besar," kata Menteri Transportasi Elisabeth Borne. "Keputusan itu akan dibahas Parlemen musim gugur ini," katanya. 

Dominique Busserau, menteri transportasi junior di masa pemerintahan Presiden Nicolas Sarkozy menyatakan anggaran yang dihabiskan untuk mempertahankan infrastruktur dalam beberapa tahun terakhir terlalu sedikit. (cnnindonesia.com/mpo)
 

Kirim Komentar