20 Agu 2018 08:40

DBD Kembali Tebar `Teror`, 151 Warga di Manado Jadi Korban

MyPassion
Ilustrasi

MANADOPOSTONLINE.COM — Warga Manado harus lebih berhati-hati terhadap penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD). Sebab, sejak Januari hingga 15 Agustus tahun ini sudah 151 warga terserang DBD.

Menurut Kadis Kesehatan Manado dr Roby Mottoh, beruntung tidak ada korban jiwa. “Semua kasus DBD berhasil ditangani, karena warga cepat membawa pasien DBD ke puskesmas maupun rumah sakit terdekat,” ujarnya.

Dia mengatakan, kalau tahun lalu kasus DBD mencapai 185 penderita setahun. “Kami berharap sampai akhir tahun kasus DBD tidak melebihi 200 orang. Sebab penyakit DBD soal polah hidup bersih,” sebutnya.

Lanjutnya, pihaknya sudah melakukan sosialisasi melalui puskesmas untuk membasmi jentik nyamuk aedes aegypti melalui gerakan 3M. Gerakan 3M yaitu menutup penampungan air, mengurus bak mandi atau tempat penampung air, dan mengubur serta mendaur ulang barang bekas yang bisa memungkinkan nyamuk berkembang. “Sebab jentik nyamuk aedes aegyti hidup air bersih dan jernih,” katanya.

Lanjutnya, selain itu, pihaknya melakukan fogging untuk membasmi sarang nyamuk aedes aegypti. Tetapi itu langkah terakhir jika sudah banyak kasus DBD. Sebab fogging itu mengandung racun. Kemudian kalau terus dilakukan fogging nyamuk akan kebal. “Sebab sebelum dilakukan fogging akan dilakukan penyelidikan epidemiologi di lingkungan penderita DBD. Jika memenuhi syarat baru dilakukan pengasapan di sarang nyamuk,” ujarnya.

Dia juga meminta, bila masyarakat mengalami panas tinggi melebihi 47 derajat celsius, mual, bintik merah, tenggorakan sakit dan kepala pusing serta nafsu makan kurang segera dibawa ke pusat kesehatan terdekat. “Sebab DBD ini penyakit mematikan jika tidak tertangani dengan baik,” katanya.

Terpisah, Ketua DPRD Manado Noortje Van Bone meminta dinas terkait menyikapi serius penyakit DBD. “Harus dilakukan tindakan nyata melalui fogging atau sosialisasi gerakan 3M, supaya masyarakat sadar bagaimana cara mencegah penyakit DBD,” pungkasnya.

Gejala Penyakit DBD:

1. Suhu tubuh penderita DBD sangat tinggi bisa mencapai 41 derajat celcius

2. Nafsu makan kurang bahkan hilang selera

3. Badan terasa lelah, lesu dan capek terus menerus

4. Mual hingga muntah

5. Wajah berwarna kemerahan

6. Tenggorokan sakit

7. Kepala pusing

8. Kelenjar getah bening bengkak

(ite/can)

Kirim Komentar