18 Agu 2018 15:04

Tiga Hotel di Kotamobagu Belum Urus Izin

MyPassion
Noval Manoppo

MANADOPOSTONLINE.COM—Tiga hotel di Kotamobagu tercatat belum memperpanjang izin tahun ini. Menurut Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kotamobagu Noval Manoppo, tiga hotel yang belum memperpanjang izinnya karena belum habis masa berlaku.

"Ada 12 hotel di Kotamobagu yang mengurus izin pada 2017 lalu. Sejauh ini untuk 2018 baru sembilan hotel yang memperpanjang, sedangkan tiga lainnya belum habis masa berlaku," ujar Manoppo.

Dikatakannya, pihaknya terus mempermudah pelayanan pengurusan izin di Kotamobahu guna mendatangkan investor dari luar. "Perpanjangan sudah dari dulu kami mudahkan, mulai dari pelayanan maksimal serta administrasi gratis," jelasnya.

Untuk tiga hotel itu lanjut Noval, diprediksikan akam memperpanjang pada November mendatang. "November itu izinnya habis masa berlaku, jadi kemungkinan akan diperpanjang di bulan itu. Sedangkan untuk pemberitahuannya pasti kami yang langsung mendatangi hotel itu," bebernya.

Terpisah, Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) mencatat realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari pajak hotel baru mencapai 50  persen.

"Target pajak hotel selama setahun untuk PAD Kotamobagu Rp 850 juta, hingga akhir Juni 2018, pencapaiannya kurang lebih 400 juta rupiah atau 47,7 persen," ungkap Kepala Bidang Penagihan Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Hamka Daun.

Pihaknya bakal memacu target PAD yang ditetapkan atas pajak perhotelan tersebut. "Kami akan pacu itu. Perkiraan akhir triwulan empat bisa capai," tandasnya.(tr-06/tan)

Kirim Komentar