17 Agu 2018 17:11

Pria Asal Klaten Ini Langsung Panjat Tiang Bendera Karena Kaitnya Lepas

MyPassion
Serma Timbul Prawoto saat memamnjat tiang bendera. (Foto: istimewa)

MANADOPOSTONLINE.COM - Aksi heroik ditunjukkan oleh Serma Timbul Prawoto saat upacara bendera HUT ke-73 Republik Indonesia di Kecamatan Cawas, Klaten.

Timbul dengan sigap memanjat tiang bendera untuk mengambil kawat pengait yang terlepas.

Gangguan dalam prosesi pengibaran bendera di Lapangan Barepan, Cawas, Klaten itu berawal ketika petugas membentangkan bendera. Kait yang sebenarnya sudah terpasang pada tali bendera justru terlepas dan tertarik ke atas.

Akibatnya, pengibaran bendera tak bisa dilaksanakan. Padahal saat itu bendera sudah beberapa tarikan dan lagu Indonesia Raya sudah berkumandang.

Pria yang bertugas sebagai Babinsa Koramil Cawas, Kodim 0723/Klaten itu memang berada tak jauh dari tiang bendera. Secara spontan dia langsung memanjat tiang bendera yang tingginya sekitar 9 meter itu.

Pengibaran bendera pun langsung dilanjutkan. Bendera akhirnya berada di puncak tiang di akhir lagu Indonesia Raya.

Aksi Serma Timbul itu pun sempat direkam oleh peserta upacara. Videonya kini sudah menyebar melalui media sosial.

Mengutip dari Detik.com, Timbul mengatakan aksinya hanya spontanitas. Jiwanya merasa terpanggil untuk mengambil kait yang berada di puncak tiang.

"Sebenarnya tiang itu juga goyang-goyang, tapi saya tidak mikir bagaimana kalau jatuh. Pikiran saya itu saya harus bisa mengambil pengait itu," kata Timbul.

Berbagai pihak pun menyambut positif terhadap yang dilakukan oleh pria berusia 40 tahun itu. Atas aksinya, pengibaran bendera dapat kembali berlangsung lancar.

"Tadi dapat apresiasi dari inspektur upacara, yaitu Pak Camat Cawas. Saya cuma bilang ini hanya panggilan jiwa seorang prajurit," tutupnya. (Detik.com/mpo)

Kirim Komentar