17 Agu 2018 17:22

Pengadilan Libya Hukum Mati pada 45 Pendukung Muammar Khadaffi

MyPassion
Ilustrasi (Dok.Manado Post)

MANADOPOSTONLINE.COM - Pengadilan Libya pada hari Rabu menjatuhkan hukuman mati kepada 45 orang atas tuduhan pembunuhan yang dilakukan di Ibu Kota, Tripoli, selama pemberontakan 2011.

Dilansir Al Arabiya pada Kamis, (16/8), seorang pejabat Kementerian Kehakiman mengatakan, hukuman mati itu terkait dengan pembunuhan yang dilakukan oleh pasukan yang setia kepada mantan pemimpin Libya Muammar Khaddafi sesaat sebelum ia diusir dari Tripoli dan digulingkan.

Lebih lanjut 54 orang dijatuhi hukuman lima tahun penjara atas pembunuhan sedikitnya 20 orang, sementara 22 orang dibebaskan.

Pengacara pembela dan kerabat dari terdakwa hadir untuk putusan, tetapi para terdakwa tidak di pengadilan. Sebuah gambar yang dipasang oleh kementerian menunjukkan dua penjaga dengan senapan besar berdiri di dekat hakim berjubah hitam di dalam ruang sidang.

Hukuman mati lainnya yang dijatuhkan di Libya sejak 2011, ketika Libya terpecah menjadi yang menyebabkan bertahun-tahun gejolak dan konflik bersenjata. Dalam laporan tahunannya yang terbaru, kelompok hak asasi manusia Amnesty International menggambarkan sistem pengadilan Libya tak bekerja dengan baik. (JawaPos.com/mpo)

Kirim Komentar