16 Agu 2018 11:54

Sangihe Masuk Prioritas Pemetaan Partisipatif Bencana

MyPassion
Dirgahayu Mandiangan

MANADOPOSTONLINE.COM — Sebagai daerah rawan bencana, Sangihe terpilih sebagai salah satu dari 138 kabupaten/kota di Indonesia yang masuk skala prioritas. Skala prioritas ini terkait pemetaan partisipatif kebencanaan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Hal ini dikatakan Asisten Pemerintahan Sangihe Dirgahayu Mandiangan, baru-baru ini.

“Pelaksanaan agenda BNPB di Sangihe merupakan intervensi pusat dalam komitmen pemerintah mengurangi risiko bencana,” kata Mandiangan.

Dia pun menyampaikan terima kasih atas kepedulian pemerintah pusat. “Kegiatan BNPB merupakan bentuk perhatian pusat, dimana Sangihe menjadi salah satu daerah yang mendapat kesempatan pertama dari 138 kabupaten/kota, yang menjadi skala prioritas pemetaan partisipatif kebencanaan,” katanya.

Dia menambahkan, hasil pemetaan dapat dimanfaatkan untuk mengelola risiko agar tidak terjadi bencana.

Kasubid Peringatan Dini BNPB Bambang Surya membenarkan Sangihe masuk rawan bencana tanah longsor, banjir, gunung api dan tsunami. “Kerawanan tersebut, memerlukan kesiapsiagaan dari pemangku kepentingan dan masyarakat dalam meminimalisir risiko bencana,” tutupnya. (wan/can)

Kirim Komentar