15 Agu 2018 11:36

Peda di Sangihe Bakal `Dikuliti` Inspektorat

MyPassion
Nusrianto Pande

MANADOPOSTONLINE.COM — Perangkat daerah (peda) di Sangihe siap-siap ‘dikuliti’ Inspektorat. Ini terkait kesepakatan audit internal sesuai Piagam Audit Internal oleh seluruh peda pada pelaksanaan Me’Daseng di Kecamatan Tabukan Selatan Tenggara, belum lama ini.

Inspektur Sangihe Nusrianto Pande mengatakan, audit tersebut tujuannya untuk menekan peluang terjadinya penyalahgunaan wewenang dan praktek korupsi.

Dia pun berharap, sesuai Piagam Audit Internal, semua peda makin disilpin dan hati-hati dalam pengelolaan keuangan. “Serta memulai pengawasan dari diri sendiri sebelum hal itu sampai kepada Inspektorat,” jelasnya.

Dia berharap, peda lebih proaktif melakukan pengawasan. “Sebab bukan tak mungkin sudah terjadi kecolongan lebih dulu ketika peda masih berharap Inspektorat yang akan turun melakukan pemeriksaan,” tandasnya.

Tambahnya, Inspektorat akan memprioritaskan pemeriksaan terhadap peda yang memiliki anggaran besar. “Artinya yang beresiko terjadi penyimpangan atau penyalahgunaan keuangan,” katanya.

Dia pun mengingatkan, pejabat yang menangani

adminsitrasi keuangan seharusnya ahli di bidangnya. “Supaya tidak beresiko terjadi kesalahan dalam pengelolaan keuangan,” ujar Pande. (wan/can)

Kirim Komentar