15 Agu 2018 12:05

Eks Kadisdikpora Minsel Segera Dipecat

MyPassion
Ferdinand Tiwa

MANADOPOSTONLINE.COM — Sudah jatuh tertimpa tangga pula. Peribahasa ini cocok disematkan kepada mantan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Minahasa Selatan (Minsel) Olivia Lumi.

Setelah divonis bersalah PN Tipikor Manado dengan masa hukuman satu tahun penjara. Kini, terdakwa kasus korupsi dana paskibraka 2016 itu, segera diberhentikan dari statusnya sebagai ASN.

Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat Daerah Ferdinand Tiwa memastikan, pihaknya tinggal menunggu sikap dari jaksa dan Lumi sendiri. Bila banding tak dilakukan, pemecatan segera diproses. "Kita akan menyurat untuk mendapatkan salinan putusan yang akan dijadikan dasar pemecatan. Tapi sekali lagi, kami harus memastikan dulu putusan itu sudah inkrah," ungkapnya, kemarin.

Dijelaskan, pemecatan tidak lagi melihat masa hukuman yang diberikan. Hal itu mengacu pada PP/53 2010 tentang Disiplin PNS, UU ASN 5/2014 dan PP 11/2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil. "Dengan aturan yang sama kami telah melakukan pemecatan kepada beberapa PNS," tuturnya. Lanjut dia, pemecatan tidak akan menunggu tiga pejabat lain yang sedang menjalani proses serupa. "Kalau dua lain juga nanti divonis bersalah proses serupa akan diberlakukan. Tapi sejauh ini kan asas praduga tak bersalah harus dikedepankan," jelasnya.

Terpisah, Kasie Intelejen Kejari Minsel Reza Pahlepi mengatakan, pihaknya masih mempelajari amar putusan meski begitu pihaknya menghormati keputusan majelis hakim. "Masih tunggu hasil kajian jaksa. Kan aturan memberikan kami ruang untuk berpikir," tukasnya. (jen/ria)

Kirim Komentar