15 Agu 2018 15:37

Cinta Sesama Jenis Perempuan Malaysia Berakhir dengan Hukuman Cambuk

MyPassion
Hubungan lesbian atau cinta sesama perempuan merupakan hal yang dianggap bertentangan dengan hukum Islam. Hukuman itu membuat marah kelompok-kelompok hak asasi manusia (The Week)

MANADOPOSTONLINE.COM — Malaysia menjatuhi hukuman cambuk kepada sepasang lesbian. Hubungan lesbian atau cinta sesama perempuan merupakan hal yang dianggap bertentangan dengan hukum Islam. Hukuman itu membuat marah kelompok-kelompok hak asasi manusia.

Kedua perempuan tersebut berusia 22 dan 32 tahun telah ditangkap oleh petugas penegak hukum Islam setelah ditemukan di dalam mobil saat berada di lapangan umum di bagian Terengganu pada April lalu. Terengganu merupakan salah satu wilayah paling konservatif di Malaysia.

Keduanya dibawa ke pengadilan Islam dan mengaku telah melanggar hukum syariah yang melarang hubungan seksual sesama jenis, khususnya sesama perempuan. Jaksa dari Departemen Agama Terengganu, Mohamad Khasmizan Abdullah mengatakan, mereka dijatuhi hukuman pukulan dengan enam kali pukulan menggunakan tebu dan didenda sebesar MYR 3.300.

"Ini adalah kasus serius. Para jaksa mendesak pengadilan untuk menjatuhkan hukuman maksimal," kata Khasmizan seperti dilansir Channel News Asia pada Selasa, (14/8).

Menurut Khasmizan, mereka nantinya akan menjadi perempuan pertama yang menerima hukum cambuk di Terengganu karena melanggar hukum Islam. Hukuman tersebut dilakukan di depan khalayak rakyat Malaysia.

Terkait ketatnya hukum Islam, Malaysia memang mengoperasikan sistem hukum jalur ganda. Pengadilan Islam dengan itu dapat menangani masalah yang terkait dnegan agama dan keluarga serta kasus-kasus perzinahan.

Namun keduanya masih dapat bebas dengan jaminan. Hukum cambuk keduanya akan dilaksanakan 28 Agustus mendatang meskipun memiliki hak untuk mengajukan banding.

Keputusan untuk membenahi hukuman cambuk kepada dua perempuan tersebut kemudian menuai protes. Para anggota komunitas LGBT memang telah menjadi kaum minoritas selama beberapa tahun terakhir. (jawapos.com/mpo)

Kirim Komentar