14 Agu 2018 17:25

Kamboja Temukan Ekstasi yang Diselundupkan dalam Kotak Makanan Hewan

MyPassion
Kamboja menetapkan hukuman berat bagi perdagangan narkoba, bahkan ratusan orang telah ditangkap terkait penyebaran obat-obatan terlarang termasuk pejabat senior dan orang asing (World Atlas)

MANADOPOSTONLINE.COM — Pihak berwenang Kamboja telah menyita hampir 100 kilogram ekstasi yang disembunyikan dalam pengiriman makanan hewan peliharaan dari Jerman. Tersangka juga telah diidentifikasi sebagai warga Tiongkok oleh polisi.

Polisi pada Senin, (13/8), mengatakan, telah menduga seorang warga Tiongkok sehubungan dengan catatan mereka. "Tersangka diidentifikasi sebagai Yao Zeye, telah ditangkap pada 7 Agustus setelah datang ke kantor pos pusat Phnom Penh untuk mengambil kotak-kotak makanan hewan tersebut," kata Wakil Sekretaris Jenderal Departemen Pertahanan Nasional Mok Chito.

Seperti dilansir Channel News Asia, dalam kotak-kotak tersebut polisi berhasil menemukan total 98 kilogram pil MDMA yang biasa dikenal sebagai pil ekstasi. Nantinya tersangka akan mendistribusikan secara lokal hingga ke Vietnam.

Chito menambahkan, penemuan tersebut merupakan pengiriman ekstasi terbanyak di Kamboja. Tersangka nantinya akan menjual ekstasi seharga antara USD 20 hingga USD 80 dengan total nilai angkut sebanyak jutaan dolar.

Yao Zeye didakwa dengan perdagangan narkoba dan menghadapi hukuman penjara seumur hidup jika terbukti bersalah akhir pekan lalu. Kamboja telah memberlakukan larangan keras terhadap obat-obatan sebagai tanggapan terhadap para penyelundup yang seringkali menjadikan Kamboja sebagai titik transit saat mengirimkan narkotika terutama heroin dan methampetamine.

Kamboja menetapkan hukuman berat bagi perdagangan narkoba, bahkan ratusan orang telah ditangkap terkait penyebaran obat-obatan terlarang termasuk pejabat senior dan orang asing. Bahkan pengadilan telah memenjarakan seorang lelaki asal Belgia seumur hidup setelah dinyatakan bersalah menyelundupkan satu kilogram kokain ke Kamboja melalui sebuah koper Juni lalu.

Pada bulan yang sama, pihak berwenang menyita 120 kilogram kristal methamphetamine yang diselundupkan dari Laos. Kamboja juga telah menumpas minyak safrol, yang kerap dijadikan bahan dalam kosmetik yang dapat digunakan sebagai pendahulu dalam membuat ekstasi. (jawapos.com/mpo)

Kirim Komentar