11 Agu 2018 13:41

Jalur Tinoor Lumpuh Berjam-jam

MyPassion
Kontainer yang terlepas dari truk menutupi sebagian badan jalan mengakibatkan jalur Manado-Tomohon via Tinoor sempat lumpuh selama berjam-jam. (Julius Laatung/MP)

MANADOPOSTONLINE.COM — Ruas jalan Manado-Tondano via Tinoor kemarin (10/8) lumpuh. Sekira dua jam lebih, jalur ini macet total. Penyebabnya, sekira pukul 13.30 WITA kemarin, sebuah truk kontainer yang terguling sempat menutupi hampir semua badan jalan. Tepatnya sekira 50 meter dari pertigaan kelurahan Tinoor. Kendaraan yang lewat pun harus susah payah melintas di lokasi kejadian. Kemacetan sepanjang dua kilometer pun tak terelakkan. “Beruntung tidak ada kendaraan atau orang yang kebetulan melintas di tempat kejadian.  Sepertinya sopir truk kehilangan kendali karena rem tidak berfungsi,” ujar sejumlah warga.

Di tempat yang sama, sopir truk kontainer dengan nomor polisi DB 8599 AS ini mengaku baru menurunkan muatan berisi tepung, dari Bitung menuju Tomohon. “Sudah mau pulang, habis antar barang di Tomohon,” singkat sang sopir.

Sementara, Kapolres Tomohon AKBP I Ketut Agus Kusmayadi SIK melalui Kanit Laka Ipda Paulus Ohoywutun mengatakan, pengawasan serta upaya preventif terus dilakukan pihaknya. Meski begitu, tingkat kelaikan jalan kendaraan bermotor seharusnya jadi tanggung jawab pengguna kendaraan. “Ada beberapa pos pemeriksaan, tak hanya polisi tapi Dinas Perhubungan juga kan, misalnya naik dari Manado, wajib menimbang dulu di Pineleng. Tidak melebihi ambang batas muatan. Ini harusnya, jadi perhatian pengemudi bermuatan besar,” kata dia. Hingga berita ini diturunkan (pukul 19.00 WITA), Satuan Laka dari Polres Tomohon tengah mengevakuasi ladbak kontainer yang menutupi sebagian bahu jalan. (jul/fgn)

 

Kirim Komentar