10 Agu 2018 15:59

Tersandung Kasus Dana Desa, Kapitalaung di Sangihe Terancam Tak Dilantik

MyPassion
Jeffry Gaghana

MANADOPOSTONLINE.COM—Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sangihe akan melantik kapitalaung (kepala desa) terpilih, Senin (13/8), pekan depan. Namun, dari 113 kapitalaung, ada beberapa di antaranya terancam tak akan dilantik. Sejumlah kapitalaung itu diduga tersangkut kasus dana desa (dandes).

Mereka yang tersangkut kasus dandes, sewaktu masih menjabat kepala kampung maupun bendahara.

“Mereka yang tersanung kasus itu telah menandatangani perjanjian di atas materai, dimana mereka siap menyelesaikannya dalam waktu 30 hari. Namun sampai saat ini, ada beberapa kapitalaung sudah lewat 30 hari, tapi belum menyelesaikannya,” tegas anggota DPRD Sangihe Dulfoto Taramen.

Terpisah, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Sangihe Jeffry Gaghana membenarkan hal itu. Menurutnya, memang ada beberapa kapitalaung terpilih telah membuat perjanjian dengan Inspektorat terkait keuangan desa.

“Yang pasti ketika ini belum diselesaikan, otomatis kapitalaung- kapitalaung yang telah membuat perjanjian dan belum direalisasikan akan terancam tidak akan dilantik,” ujarnya.

Hal senada dikatakan Kepala Bagian (Kabag) Pemerintahan dan Otonomi Daerah (Otda) Sangihe Ernest Rakinaung. Menurutnya, dari 113 kapitalaung terpilih, tidak semuanya akan dilantik.

"Saat ini kami masih menunggu hasil dari Inspektorat terkait berapa kapitalaung yang tak akan dilantik. Jadi kita tunggu saja nanti. Pastinya kami Bagian Pemerintahan dan Otda sudah menyiapkan undangan pelantikan bagi 113 kapitalaung. Entah hasil dari Inspektorat nanti akan diserahkan hari Minggu sebelum pelantikan, kami akan tetap menindaklanjuti itu," kuncinya. (wan/can)

Kirim Komentar