10 Agu 2018 13:53

Terganjal Perda RTRW, Pembangunan Gedung Putih Ditunda

MyPassion
Peter Assa

MANADOPOSTONLINE.COM—Pembangunan Gedung Putih atau Kantor Wali Kota Manado di Kecamatan Mapanget ditunda. Wali Kota Manado GS Vicky Lumentut melalui Sekretaris Kota (Sekkot) Manado Peter Assa mengatakan, ditundanya pembangunan karena terhambat Peraturan Daerah (Perda) Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Manado yang sementara berproses.

“Sekarang Perda RTRW sementara proses di kementerian. Kemungkinan bulan depan perdanya sudah disahkan. Namun, karena kami tidak akan mengambil resiko melakukan pembebasan lahan di tempat tidak sesuai RTRW,” ungkap Assa.

Menurut Assa, walaupun Perda RTRW akan disahkan tahun ini, waktu untuk pembangunan Kantor Wali Kota Manado tidak mencukupi di sisa waktu yang ada, karena belum melakukan pembebahasan lahan. “Karena itu pembangunan Kantor Wali Kota Manado akan ditundah 2019. Sedangkan anggaran tahap pertama yang sudah dianggarkan untuk pembangunan Kantor Wali Kota Manado Rp 15 miliar harus dialikan ke program lain yang pro rakyat di APBD Perubahan,” ujarnya.

Dia juga menjelaskan, untuk pembebasan lahan Gedung Putih sebesar Rp 17 miliar masih akan ditata di APBD Perubahan. Sebab rencananya tahun ini akan dilakukan pembahasan lahan jika Perda RTRW sudah disahkan.

“Jadi pembebasan lahan pembangunan Kantor Wali Kota Manado tetap akan dilakukan tahun ini,” katanya.

Terpisah, anggota Komisi A DPRD Kota Manado Roy Maramis  mengatakan, jika ada program kegiatan di sisa waktu yang belum dilelang, memang lebih baik dibatalkan. “Jangan kita mengambil resiko. Sudah tahu pembangunan tidak akan mungkin selesai, tetapi dipaksakan. Kami mengapresiasi langkah Dinas PUPR yang telah mengeluarkan pembangunan kantor Wali Kota Manado di APBD Perubahan,” ujarnya.

Dia berharap, anggaran Rp 15 miliar yang dipending itu dapat mengakomodir aspirasi masyarakat yang dihimpun lewat reses DPRD. “Kami berharap di APBD Perubahan hasil reses DPRD dapat diakomodir pemerintah. Karena itu aspirasi masyarakat yang urgen,” pungkasnya. (ite/can)

Kirim Komentar