10 Agu 2018 14:23

Polisi: Prabowo Bebas dari Aturan Ganjil - Genap karena Dikawal

MyPassion
Prabowo Subianto (Dok.Jawa Pos)

MANADOPOSTONLINE.COM - Mobil yang dinaiki Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto sempat menjadi perbincangan publik karena berpelat genap saat datang ke kediaman Ketum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (9/8) kemarin.

Padahal saat itu, kendaraan yang diperbolehkan lewat hanyalah kendaraan berpelat ganjil mengingat kemarin adalah tanggal sembilan. Sedangkan Praowo naik mobil Lexus putih nopol B 1710 PSD alias bernomor genap.

Merespons hal itu, Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Yusuf mengatakan, Prabowo tak melanggar sistem ganjil - genap karena saat itu mobil yang dinaiki Prabowo mendapatkan pengawalan.

"Kan dikawal itu, ya namanya dikawal ya enggak akan kena (tilang), jadi bebas," kata Yusuf saat pengamanan pendaftaran capres - cawapres di gedung KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (10/8) seperti dilansir Kumparan.com.

Yusuf memastikan hal ini juga berlaku bagi kendaraan masyarakat umum yang mendapatkan pengawalan.

"Iya kan karena ada pengawalan. Kamu aja pakai pelat ganjil misal lagi genap kalau dikawal ya enggak akan kena (tilang)," jelas Yusuf kepada wartawan.

Sistem ganjil - genap ini tetap diberlakukan selama proses pendaftaran capres - cawapres ke KPU. Sehingga hari ini pelat genap saja yang boleh melintas.

Rencananya, Prabowo - Sandiaga Uno mendaftaran diri ke KPU setelah salat Jumat. Mereka akan lebih dulu berkumpul di Masjid Istiqlal.

Mengantisipasi kemacetan lalu lintas, polisi akan menutup sementara Jalan Imam Bonjol tepatnya di depan KPU RI saat rombongan capres - cawapres datang.

Polisi juga telah menetapkan jalan alternatif akibat penutupan ini. Kendaraan dari Menteng yang mengarah ke Jalan Imam Bonjol akan dialihkan ke Jalan HR Rasuna Said melalui Taman Suropati.

Sementara kendaraan dari Bundaran HI yang mengarah ke Imam Bonjol diarahkan ke Jalan Agus Salim dan Jalan Pamekasan. (Kumparan.com/mpo)

Kirim Komentar