10 Agu 2018 10:45

Pen Bisa Jadi Shutter Kamera

MyPassion
CANGGIH: CEO Samsung Mobile, DJ Koh kenalkan Samsung Galaxy Note 9. (Lucas Jackson/Reuters)

SATU model smartphone jagoan Samsung kembali terlahir ke dunia ini. Galaxy Note 9, diandalkan Samsung untuk bertarung di segmen pasar smartphone jumbo dengan segala perubahan besar yang dibawanya. Galaxy Note 9 tampil dengan desain layar 6,4 inci yang sama persis dengan pendahulunya, Galaxy Note 8.

Sensor sidik jari juga masih berada di belakang, sesuatu yang cukup disayangkan karena akan lebih baik jika sensor sidik jari ini ditempatkan untuk ibu jari, dan lebih lebih baik lagi jika Samsung sudah bisa menempatkan sensor jari di bawah layar.

Smartphone ini masih mengusung pena digital yang disebut S Pen, tetapi kali ini dengan fitur koneksi Bluetooth Low Energy agar memiliki banyak fungsi dan serba bisa. S Pen bisa dipakai sebagai remote control bagi Galaxy Note 9.

Saat memperkenalkan S Pen terbaru, eksekutif Samsung melakukan foto selfie di atas panggung yang pengambilan gambarnya dilakukan dengan S Pen terbaru sebagai shutter kamera. Menekan dan menahan tombol pada S Pen secara default akan membuka aplikasi kamera di Galaxy Note 9, tetapi jalan pintas itu dapat disesuaikan untuk membuka aplikasi lain yang diinginkan pengguna.

S Pen juga dapat dipakai sebagai remote untuk presentasi dengan menggunakan perangkat dock station Samsung (DeX) Desktop Experience. DeX dirancang untuk membawa pengalaman smartphone ke pengalaman mengakses data pribadi seperti di komputer desktop. Selain itu, eksekutif Samsung juga memperlihatkan S Pen dapat melakukan kontrol musik.

Di luar itu, Samsung juga punya target tersendiri agar Galaxy Note 9 menjadi smartphone idaman para gamer lantaran ia disempatkan game Fortnite secara eksklusif. Setelah masa eksklusif dengan Samsung berakhir, barulah game Fortnite bisa dimainkan di semua perangkat Android. (fgn)

Kirim Komentar