10 Agu 2018 16:21

Lestarikan Budaya Minahasa Melalui Dongeng

MyPassion
Agustifo Tumundo

MANADOPOSTONLINE.COM—Pelestarian budaya harus terus diturunkan kepada generasi muda. Salah satu cara yang efektif melalui dongeng-dongeng dan cerita rakyat daerah. Terungkap dari lomba dongeng masyarakat yang dihelat Balai Pelestarian Nilai Budaya Sulut bekerja sama dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Minahasa.

Ketua panitia, Her Merung membeber, kegiatan ini diikuti 50 peserta didik dari 10 SMP di Minahasa. “Kami berupaya agar kebudayaan Minahasa dapat terus dilestarikan dengan cara mengasah anak sekolah terus mengetahui budaya. Dengan cara mengadakan lomba membaca dongeng cerita rakyat Minahasa seperti ini,” katanya.

Sementara, Tumundo menjelaskan, pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan seperti ini. Menurutnya Pemkab Minahasa sangat mendukung penuh guna menunjang pelestarian budaya masa ke masa. “Dengan diadakannya cerita dongeng seperti ini, tentu nenek moyang kita akan berbangga. Karena perjuangan serta kisah-kisah mereka akan terus dinikmati dan diketahui oleh generasi saat ini,” katanya.

Untuk itu, dirinya berharap kepada generasi muda, agar jangan malu-malu melestarikan kebudayaan Minahasa yang sangat beragam. Baik itu bahasa, tari-tarian, sampai perilaku keseharian. “Pemkab Minahasa setiap tahun menggelar festival guna menjaga kebudayaan terus dikenal sampai ke dunia luar. Seperti Festival Benteng Moraya, Festival Danau Tondano, dan Festival Bukit Kasih yang akan dilaksanakan bulan depan,” ujar Tumundo. (tr-03/fgn)

Kirim Komentar