10 Agu 2018 10:26

Kredit Macet Pembiayaan di Sulut Masih Tinggi

MyPassion
Elyanus Pongsoda

MANADOPOSTONLINE.COM—Angka kredit macet di sektor pembiayaan atau non performing finance (NPF) di Sulut masih cukup tinggi. Walaupun tak melebihi toleransi Bank Indonesia (BI) untuk kredit macet (non performing loan/NPL) yaitu lima persen, namun NPF ini dinilai sudah cukup besar.  Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wilayah Sulutenggomalut Elyanus Pongsoda membeber sampai posisi Juni, NPF di Sulut mencapai 4,57 persen.  “Bulan Mei sempat turun sampai 3,29 persen,” ujar Pongsoda.

Dengan cukup besarnya NPF, dia bilang, selain berpengaruh pada perusahaan pembiayaan itu sendiri, namun juga kepada nasabah atau debitur. “Tentu ini akan berpengaruh buruk terhadap potensi konsumen tersebut untuk terlibat dalam pembiayaan yang lainnya. Seperti perbankan dan pinjaman pada perusahaan pembiayaan,” kata dia.  Dia pun mengimbau bagi masyarakat harus menjadi konsumen yang memerhatikan isi perjanjian pembiayaan. "Cermati baik-baik agar tidak terjadi gagal bayar,” imbau Pongsoda.

Dia menambahkan, OJK pun konsisten mengedukasi  masyarakat agar patuh dalam melakukan kredit. Demikian sebaliknya terhadap lembaga pembiayaan.  “Harus demikian karena lembaga pembiayaan terhubung dengan database BI sehingga tentu apabila terjadi tidak sesuai dengan peraturan pasti akan memengaruhi nama baik dari konsumen tersebut dalam mengajukan pembiayaan nantinya,” ucapnya.

Di sisi perusahaan pembiayaan, Branch Manager FIFGROUP Manado Yohanis Batara Randa mengakui, NPF yang perusahaannya miliki masih cukup besar. Walaupun tidak membeber berapa persen, namun menurutnya, NPF cukup mengkhawatirkan. Masyarakat menurutnya juga harus memiliki kepedulian terhadap perjanjian pembiayaan. “Peduli dengan barang jaminan atau proses kredit yang sedang berlangsung, jangan dianggap remeh, kalaupun nanti mengalami kendala dalam prosesnya bisa dikonsultasikan dengan kami, semua pasti ada jalan keluarnya,” kata dia.

Berikut Ini Data Non Performing Finance (NPF) di Sulut :

Kabupaten/kota                                NPF
Minahasa                                             5,30
Bolmong                                             3,23
Sangihe                                               0,96
Talaud                                                 1,54
Minahasa Selatan                                4,72
Minahasa Tenggara                             5,07
Bolaang Mongondow Utara               7,87
Sitaro                                                   9,10
Bolaang Mongondow Selatan            8,59
Bolaang Mongondow Timur               5,09
Manado                                               3,91
Kotamobagu                                       4,90
Bitung                                                 4,38
Tomohon                                             4,35
Sulawesi Utara                                    4,57
Sumber: OJK Sulutgomalut, Agustus 2018

Kirim Komentar