10 Agu 2018 10:55

FKM Tunjang Satu Data Kesehatan Menuju Smart City

MyPassion
Seminar dan workshop bertajuk Satu Data Kesehatan untuk Mendukung Smart City di MKCC Rabu (8/8). (Istimewa)

MANADOPOSTONLINE.COM - Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) bekerjasama dengan Pemerintah Kota Manado, UNIMA, STIKES Trinita, UGM dan Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) Sulut sukses menggelar seminar dan workshop bertajuk 'Satu Data Kesehatan untuk Mendukung Smart City' Rabu (8/8).
Bertempat di Mercure Kawanua Convention Center (MKCC), Tateli, kegiatan selama satu hari ini dibuka oleh Wali Kota Manado, Dr Ir G S Vicky Lumentut SH MSi DEA. Vicky juga menjadi pemateri terkait pengalaman implementasi Smart City Manado.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengkaji penerapan terkini sistem informasi kesehatan dalam lingkup Kementerian Kesehatan RI serta mensosialisasikan implementasi District Health Information System 2 (DHIS) secara global serta implementasi Satu Data Kesehatan di daerah menggunakan DHIS2.

Peserta mencapai 250 orang yang terdiri dari utusan Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota, Rumah Sakit Pemerintah & Swasta serta Puskesmas di Sulawesi Utara, Mahasiswa S2 dan S1.

Ketua Panitia dr Fredrik Langi MMedStat PhD berharap melalui kegiatan ini, ada perbaikan sistem informasi kesehatan (SIK) guna peningkatan derajat kesehatan masyarakat terlebih khusus di tingkat daerah sebagaimana sasaran DHIS2 dan perluasan cakupan DHIS2 di Sulut hingga ke Kabupaten/Kota lainnya.

Senada Dekan FKM Unsrat Prof Dr dr Grace D Kandou MKes menuturkan SIK berperan penting untuk menunjang perbaikan pelayanan kesehatan di daerah. "Di Pulau Sulawesi, hanya 2 kota yang masuk dalam 50 kota sasaran DHIS2 Indonesia. Yakni Manado dan Makassar. Kerjasama FKM dengan University of Oslo (UiO) dan Pemerintah Kota Manado diharapkan semakin memantapkan pengembangan Kota Manado Smart City. Kami juga sangat mengapresiasi dukungan Bapak Wali Kota Manado yang telah datang dan membuka kegiatan ini," kunci Prof Grace. (mpo)

Kirim Komentar