10 Agu 2018 12:36

Berkas Calon Tak Lengkap, 11 Orang Di-TMS-kan KPU Manado

MyPassion
KPU Manado menyerahkan berita acara hasil verifikasi pada parpol, beberapa waktu lalu.(Magdalena/Manado Post)

MANADOPOSTONLINE.COM—Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Manado telah melakukan verifikasi terhadap berkas bacaleg DPRD Kota Manado yang diajukan 16 parpol. Komisioner Divisi Teknis dan Parmas Syahrul Setiawan mengatakan, di tahap awal pengajuan calon pada 4 Juli hingga 17 Juli, 551 bacaleg tetapi yang BMS saat itu banyak sekali. Setelah masa perbaikan BMS menjadi MS. Dari 551 menjadi 515 bacaleg yang TMS 36 orang. Selanjutnya verifikasi tahap akhir 22 Juli hingga 31 Juli, ada 11 bacaleg TMS dan MS 504 orang.

Dia menambahkan bacaleg tersebut dinyatakan TMS karena ada terpidana korupsi, berkas tidak lengkap seperti SKCK dan surat putusan pengadilan hanya dalam bentuk scan. “Itu kan harus fotokopi lalu legalisir,” ujarnya.

Tambahnya jika ada gugatan dari parpol, mungkin akan dilakukan pasca DCS. "KPU siap dengan bukti yang ada," tuturnya. Sementara itu Rudolf Mamengko dari Golkar mengatakan mereka menerima keputusan KPU dan sudah menyiapkan calon pengganti. Ketua DPC PSI Manado Rocky Mende mengatakan, mereka juga masih akan berkonsultasi dengan KPU karena dalam berita acara yang diserahkan Rabu (8/8), tiga bacaleg itu masih berstatus BMS bukan TMS. Sedangkan Ketua DPC PPP Mazhabullah Ali mengatakan, memang benar ada satu yang TMS. “Itu adalah perempuan. Partai sudah menerima ini. Kuota perempuan juga sudah memenuhi 30 persen. Jadi tak akan diganti. Dapil empat tetap 6 bacaleg,” tandasnya.

Berikut Ini Daftar Bacaleg yang Dinyatakan TMS :

Partai Golkar (2)

Dapil 2

Rudolf Mamengko

Dapil 5

Geraldo Petrus Taroreh

Partai Garuda (2)

Dapil 3

Wulandari Sinolungan

Dapil 5

Vicky Bajang

PPP (1)

Dapil 4

Sultiwa Lihawa

PSI (3)

Dapil 2

Nastiti Hapsari

Josephine Emor

Dapil 4

Livia Lowing

PAN (1)

Dapil 3

Sudarianto

Hanura (1)

Dapil 4

Husni Maliki

Demokrat (1)

Dapil 4

Darmawati Dareho

(ctr-04/gel)

Kirim Komentar