10 Agu 2018 18:11

4 Makanan yang Bisa Meredakan Flu

MyPassion
Flu dan pilek (Thinkstock)

MANADOPOSTONLINE.COM---Sakit flu memang penyakit yang menyebalkan. Karena selain membuat tenggorokan, hidung, dan kepalamu sakit, flu juga dapat membuat harimu berantakan, termasuk membuatmu tidak semangat melakukan kegiatan sehari-hari.

Menurut Clare Collins, Dosen Nutrisi dan Dietetik di University of Newcastle, dalam tulisannya di The Conversation, sejumlah makanan dapat membantumu untuk mengurangi efek buruk yang terjadi akibat sakit flu.

Collins menjelaskan, beberapa makanan dan suplemen ini dapat kamu konsumsi untuk membantumu saat sedang sakit flu.

1. Vitamin C

Mengonsumsi vitamin C dapat mengurangi lama sakit flu meski tidak terlalu signifikan. Namun pada orang yang aktif melakukan kegiatan fisik, seperti pelari maraton atau tentara, mengonsumsi vitamin C dapat mengurangi kemungkinan terkena flu hingga setengahnya. Jadi, ketika flu kamu bisa mengonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin C selama masih dalam batas yang dianjurkan.

2. Zink

Meminum suplemen yang mengandung zink 24 jam setelah flu mulai muncul, dapat mengurangi waktu sakit flu hingga dua hari atau 1/3 waktunya. Namun, setelah selesai sakit flu, kamu sebaiknya segera berhenti memakan suplemen yang mengandung zink karena terlalu banyak memakan suplemen seperti ini dapat menyebabkan anemia, kekurangan sel darah putih, dan masalah pada ingatan.

3. Bawang merah

Dalam sebuah studi yang melibatkan 146 orang, relawan dibagi menjadi dua kelompok, yakni kelompok yang memakan bawang merah dan yang tidak. Hasilnya, kelompok yang memakan bawang merah ternyata lebih jarang terkena flu. Karena itu, bawang merah mungkin dapat membantumu untuk mencegah flu meski dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan keefektifannya.

4. Sup ayam

Memakan makanan yang berkuah dan panas saat flu memang dapat menghilangkan kondisi hidung mampet. Dalam sebuah studi, makan sup ayam terbukti dapat membuat lendir di hidung mengalir lebih lancar sehingga hidung mampet pun dapat terhindar. Hal ini diduga karena sup ayam menstimulasi reseptor penciuman dan perasa sehingga meningkatkan aliran lendir di hidung.(Kumparan.com/mpo)

Kirim Komentar