09 Agu 2018 16:08

Ini Tiga Perubahan di Ajang Piala Oscar ke-91

MyPassion
Frances McDormand, pemenang penghargaan untuk artis utama terbaik dalam film "Tiga Billboard Outside Ebbing, Missouri", menghadiri perayaan Oscar 2018 di Dolby Theatre di Los Angeles, 4 Maret 2018. Piala yang sempat dicuri ini berhasil dikembalikan ke pemiliknya.(AP)

MANADOPOSTONLINE.COM—Piala Oscar, atau disebut Academy Award, merupakan ajang penghargaan film Amerika yang telah ada sejak tahun 1929. Menjelang gelarannya yang ke-91 pada 2019 mendatang, Oscar mengumumkan adanya beberapa perubahan.

Pengumuman tersebut dikirimkan secara langsung oleh pihak Academy kepada anggota-anggotanya pada 8 Agustus 2018. Berikut merupakan beberapa perubahan yang akan diterapkan pada Oscar ke-91:

1. Siaran Oscar selama tiga jam

Sejak gelarannya yang ke-46, Piala Oscar selalu disiarkan selama lebih dari tiga jam. Kini, Oscar akan memangkas waktu siarnya menjadi tiga jam penuh.

Pihak penyelenggara melakukan pemangkasan dengan alasan untuk menghormati 24 kategori yang ada di Oscar. Nantinya, pengumuman kategori terpilih akan disiarkan secara langsung di Dolby Theatre selama jeda iklan. Sementara itu, kategori-kategori pilihan tersebut akan diputuskan nanti.

"Momen-momen penghargaan akan disunting dan disiarkan kemudian," tulis Academy seperti dilansir Hollywood Reporter, 8 Agustus 2018.

2. Kategori penghargaan baru

Oscar akan menambahkan satu kategori baru, yaitu untuk pencapaian luar biasa pada film populer. Belum ada informasi lebih lanjut mengenai kategori ini. Sebab, pihak penyelenggara mengaku masih menyelesaikan rinciannya.

Adanya penambahan kategori ini merupakan yang pertama sejak 17 tahun lalu. Dilaporkan Telegraph, 8 Agustus 2018, Oscar menambahkan kategori Film Animasi terbaik pada gelarannya yang ke-73 tahun 2001.

3. Pemajuan tanggal penayangan Oscar ke-92

Tanggal penayangan Oscar ke-92 akan dimajukan ke hari Minggu, 9 Februari, 2020. Sebelumnya, gelaran tersebut dijadwalkan untuk tayang pada tanggal 23 Februari 2020. Sementara itu, Oscar ke-91 akan tetap ditayangkan pada hari Minggu, 24 Februari 2019.

"Kami memiliki banyak hal yang dibutuhkan untuk menjaga agar Oscar dan Academy tetap relevan di dunia yang terus berubah," tulis perwakilan Oscar dan Academy, John Bailey dan Dawn Hudson pada pengumuman itu.(Tempo.co/mpo)

Kirim Komentar