07 Agu 2018 09:04

134 Lokasi Tes CPNS Dikantongi, BKN: Pendaftaran Makin Mudah

MyPassion

JAKARTA—Ada kabar ter-update bagi para calon pelamar pegawai negeri sipil (PNS) di Sulawesi Utara. Ratusan lokasi seleksi kompetensi dasar dengan computer assisted test (CAT) untuk rekrutmen CPNS 2018, sudah dikantongi. Hal ini dibeberkan Badan Kepegawaian Negara (BKN) Republik Indonesia (RI).

 

“BKN telah mengantongi 134 titik lokasi untuk kepentingan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dengan CAT BKN. Namun, jumlah tersebut masih tentatif, dalam arti bisa berubah mengikuti kebutuhan perkembangan yang ada,” beber Kepala Biro Humas BKN Mohammad Ridwan, dilansir dari situs resmi bkn.go.id, tadi malam.

Lanjut Ridwan, BKN sudah memaparkan kesiapan BKN untuk pelaksanaan seleksi CPNS 2018 di hadapan Tim Besar Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) di KemenPAN-RB. Diantaranya Tim Teknis Kelompok Kerja (Pokja) Pengawasan, Pokja Pengamanan Teknologi, Pokja Audit IT dan Quality Assurance (QA) Panselnas.

“Pada kesempatan itu, BKN memaparkan kesiapan infrastruktur yang berada di bawah pengelolaan BKN. Di antaranya Portal Sistem Seleksi CPNS Nasional (SSCN) dan sistem Computer Assisted Test dalam mendukung rekrutmen CPNS yang obyektif dan akuntabel,” ungkap Ridwan, saat memenuhi undangan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) yang membahas kesiapan menggelar rekrutmen CPNS tahun 2018.

Lanjut juru bicara BKN pusat tersebut, Portal SSCN kini telah diperbaiki menjadi lebih user friendly. Itu berkat adanya self guided mechanism yang akan meminimalisir kesalahan memilih formasi berdasarkan latar belakang pendidikan. “Calon pendaftar juga akan diberikan informasi real time tentang jumlah pelamar pada formasi tertentu dan K/L/D tertentu,” paparnya. Dengan kondisi ini, sambung Ridwan, calon pelamar diharapkan akan semakin dimudahkan melakukan pendaftaran saat penerimaan CPNS 2018 telah diumumkan secara resmi oleh Pemerintah.

Terpisah, Sekretaris Utama BKN Usman Gumanti mengimbau kepada seluruh peserta rapat, agar berkaca pada seleksi CPNS tahun sebelumnya. Sehingga dapat meminimalisasi hal-hal yang tidak semestinya terjadi. “Hindari kesalahan. Jika perlu hingga zero defect,” tegas Usman.

Selanjutnya, Deputi BKN Bidang Pembinaan Manajemen Kepegawaian, Haryomo Dwi Putranto dalam paparannya menyampaikan, setidaknya terdapat 14 tim yang sudah dibentuk guna menyukseskan kegiatan ini. “Tim yang sudah dibentuk ditambah dengan perwakilan Kantor Regional BKN seluruh Indonesia. Saat ini tim-tim tersebut sedang melakukan pematangan standar operasional prosedur (SOP) terkait pelaksanaan seleksi CPNS tahun 2018, guna mewujudkan keselarasan dalam proses kerja mendatang,” tambah Haryomo.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Pengolahan Data dan Informasi Kepegawaian Sabar Parlindungan Sormin menjelaskan, bahwa saat ini persiapan sistem pendaftaran yang sudah dibangun mencapai angka 80 hingga 95 persen. “Ke depan akan disediakan helpdesk yang digawangi tim Humas BKN, sebagai salah satu call center dan wahana konsultasi terkait penerimaan CPNS,” pungkasnya.

Terpisah, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur menegaskan, saat ini belum ada penerimaan CPNS. “Belum ada formasi, kalau ada yang beredar itu tidak benar,” ujarnya dilansir dari website resmi menpan.go.id. Akhir-akhir ini tengah beredar informasi penerimaan CPNS. Padahal hingga saat ini belum ada penetapan formasi CPNS. “Semua masih dalam proses,” ujarnya.

Kepada masyarakat, KemenPAN-RB menghimbau untuk lebih cermat dan waspada, serta tidak mudah percaya dengan berita-berita yang tidak jelas kebenarannya. “Masyarakat bisa memantau melalui website resmi KemenPAN-RB, di yakni www.menpan.go.id,” pungkasnya.(gnr)

Kirim Komentar