02 Agu 2018 20:05

Pengembangan KEK Pariwisata, Lampus: Ada Faktor Siap Tak Siap Dari Masyarakat

MyPassion
Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Sulut dr Jemmy Lampus (Manado Post Online)

MANADOPOSTONLINE.COM  – Ada beberapa faktor mengenai kesiapan masyarakat terhadap pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Likupang. Hal itu diutarakan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Sulut Dr Jemmy Lampus.

“Ada masyarakat memahami keberadaan pariwisata di daerahnya. Ada juga masyarakat memahami adanya dampak/pengaruh dari kegiatan KEK dalam lingkup ekonomi, sosial dan lingkungan. Dan juga ada respon positif dan masyarakat mendukung kegiatan KEK pariwisata,” beber Lampus kepada Manado Post Online, Kamis (2/8).

Namun, selain kesiapan adapula ketidaksiapan dari masyarakat dalam pengembangan pariwisata. “Pengetahuan masyarakat masih kurang tentang proyek ini. Bahkan keterampilan masyarakat yang kurang serta kondisi-kondisi sosial ekonomi dan lingkungan yang tidak mendukung,” imbuhnya.

Dirinya menambah, perlu adanya keterlibatan dari masyarakat dalam tahapan pengembangan KEK pariwisata mulai dari perencanaan, pengelolaan maupun pengambilan keputusan. “Jadi kesiapan masyarakat perlu dibangun melalui partisipasi aktif dari masyarakat dan pemerintah,” harapnya. (gab)

Kirim Komentar