25 Jul 2018 11:09

TonSu Ajak Jaga Tarsius Tumpara

MyPassion
Tarsius Tumpara, primata mungil asal Sitaro yang dilindungi karena masuk jenis hewan endemik langka. (Dok MP)

MANADOPOSTONLINE.COM — Tarsius Tumpara atau biasa disebut Siau Island Tarsier oleh para wisatawan, merupakan salah satu hewan endemik langka yang dimasukkan oleh International Union for Conservation of Nature and Natural Resources (IUCN), dalam kategori red list sebagai 25 primata yang nyaris punah. Bahkan primata mungil ini, hanya ditemukan di Pulau Siau, seputaran wilayah Kampung Talawid. Tepatnya di Danau Kapeta, Kecamatan Siau Timur Selatan.

Mengingat statusnya tersebut, Bupati Kabupaten Kepulauan Sitaro Toni Supit menegaskan seluruh masyarakat khususnya di Talawid, agar menjaga keberlangsungan populasi dari Tarsius Tumpara ini. "Apalagi Tumpara menjadi salah satu destinasi utama wisata di Sitaro," ucapnya.

Maka lanjut Supit, perlu diingatkan, masyarakat menjaga kebiasaan buruk, membuka lahan baru. "Sebab dari penelusuran pembukaan lahan baru merupakan salah satu penyebab kepunahan hewan endemik ini, karena pola hidup mereka tidak akan pindah sarang meski telah dimusnahkan," tuturnya. Supit menambahkan, pihaknya juga menetapkan wisata Tarsius akan dijadikan wisata dengan minat khusus. “Hingga keberlangsungan hidup mereka dapat berjalan secara alamiah," singkat bupati dua periode tersebut. (drp/gel)

 

 

Kirim Komentar