21 Jul 2018 16:07

Lakukan Korupsi, Sejumlah Artis Berikut Ini Cicipi Dinginnya Bui

MyPassion
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyematkan sekaligus dua status tersangka untuk aktor tampan Zumi Zola yang menjabat sebagai Gubernur Jambi ketika itu. (JawaPos.com)

MANADOPOSTONLINE.COM — Terjun ke dunia politik praktis justru membuat sejumlah artis terjerat dalam kasus korupsi. Memiliki kuasa menentukan sesuatu membuat sejumlah artis ini gelap mata dan menyalahgunakan kekuasaan demi harta duniawi.

Berikut sejumlah artis yang terjun ke dunia politik dan berkahir dengan menjadi pesakitan hingga di bui karena kasus korupsi

1.  Angelina Sondakh

Terjun ke dunia politik dan menjadi anggota dewan dari Partai Demokrat justru membuat Puteri Indonesia tahun 2001 ini terbukti melakukan tindak pidana korupsi (tipikor) dengan menerima pemberian uang total Rp 2,5 miliar dan USD 1,2 juta dari Grup Permai terkait proyek di Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Hingga pada, Januari 2013 silam, Majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta menjatuhkan vonis hukuman 4 tahun dan 6 bulan penjara, ditambah denda Rp 250 juta subsider kurungan enam bulan kepada Angelina Sondakh.

Namun, hukuman tersebut diperberat di tingkat kasasi. Hukuman perempuan yang akrab disapa Angie ini menjadi 12 tahun penjara dan diwajibkan membayar uang pengganti senilai Rp 12,58 miliar dan USD 2,35 juta.

Namun, dalam putusan Peninjauan Kembali (PK), hukumannya dikurangi menjadi 10 tahun dan denda Rp 500 juta subsidair enam bulan kurungan.

2. Zumi Zola

Aktor yang memilih terjun ke dunia politik ini juga harus berurusan dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Menjabat sebagai Gubernur Jambi, Zumi Zola ditetapkan sebagai tersangka atas dugaan menerima hadiah terkait proyek di Jambi senilai Rp 6 Miliar.

Bahkan, untuk kali kedua KPK menetapkan Zumi Zola sebagai tersangka. Kali ini, mantan pesinetron dan aktor film itu dugaan memberikan suap kepada anggota DPRD Jambi agar mengesahkan rancangan peraturan daerah (raperda) tentang APBD 2018.

Atas perbuatannya, aktor tampan ini dijerat dengan pasal 12 B atau pasal 11 UU no 31 tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan UU No 20 tahun 2001 jo pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.

Namun, ada juga artis yang tidak terjun ke dunia politik praktis tetapi terjerat kasus korupsi. Contohnya, pedangdut Saipul Jamil yang dihukum karena upaya menyuap panitera. Berikut sejumlah artis tersebut.

1. Saipul Jamil

Awalnya mantan suami Dewi Perssik ini dijerat kasus pencabulan. Namun, akhirnya dia harus dihukum juga untuk kasus korupsi. Sebab, berusaha menyuap hakim agar hukumannya menjadi lebih ringan.

Saipul Jamil dijatuhi hukuman 3 tahun penjara dan denda Rp 100 juta, subsider 3 bulan kurungan karena dinyatakan terbukti melakukan upaya suap terhadap hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara, melalui panitera Pengadilan Negeri Jakarta Utara Rohadi sebesar Rp 250 juta.

2. Mandra

Pelawak yang namanya melejit berkat perannya di serial televisi Si Doel Anak Sekolahan ini juga pernah terjerat kasus korupsi.

Kasus bermula saat dirinya mendirikan sebuah rumah produksi Viandra Production yang telah menghasilkan beberapa sinetron yang terkenal.

Kemudian, Pada tahun 2013, TVRI membeli 15 paket program senilai Rp 47,8 miliar dengan menggunakan dana dari APBN 2012. Paket tersebut dipasok oleh Production House (PH) milik Mandra serta tujuh rumah produksi lainnya.

Tetapi, setelah diselidiki, proses pengadaan tersebut tidak sesuai dengan ketentuan pengadaan barang dan jasa. Saat itu, yang dilakukan berupa penunjukan langsung dan bukan dilakukan oleh panitia pengadaan.

Namun, Mandra dikatakan bukan menikmati uang negara. Melainkan, memberi kuasa kepada Andi Diansyah untuk menggunakan PT Viandra production miliknya untuk mengikuti pengadaan program siap siar LPP TVRI dengan menyertakan 3 buah film miliknya dalam proses lelang.

Atas perbuatan tersebut, Mandra dijerat dengan pasal 3 UU N0.31 tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan UU No.20 tahun 2001 tentang Pemberantas Tindak Pidana korupsi Jo Pasal 55 ayat (1) ke – 1 Jo pasal 64 ayat (1) KUHP.

Kemudian, pada 17 Deseember 2015, Majelis Hakim Pengadilan Tipiko, Jakarta, menjatuhi dihukum 1 tahun penjara denda Rp 50 juta subsider 2 bulan kurungan terhadap Mandra. Dia dinyatakan terbukti terlibat dalam tindak pidana korupsi dengan menguntungkan orang lain dalam pengadaan program siap siar di LPP TVRI.(JawaPos.com/mpo)

Kirim Komentar