21 Jul 2018 12:18

Bocah Sulut Juara Dunia Matematika

MyPassion
Imanuel Taro Roeroe, disambut pemerintah daerah, Jumat (20/7).(Wailan Montong/MPO)

MANADOPOSTONLINE.COM—Lulusan SD GMIM IV Kota Tomohon itu, membuktikan bakatnya dengan menyabet medali emas di ajang World Matematic Invitational Seoul Korea. Keberhasilan Taro tak hanya membanggakan Sulawesi Utara (Sulut). Tapi, prestasinya ikut membanggakan Indonesia. Putra bungsu dari keluarga Roeroe-Wariki ini, dikenal dekat dengan dunia pendidikan.

Dirinya lahir dari ibu seorang dokter, nenek Taro seorang dosen di Fakultas MIPA Unima. “Sebenarnya dia seperti kebanyakan anak-anak lainnya yang masih suka bermain di rumah. Tapi kalau ada jadwal bimbingan mendekati lomba, dirinya serius untuk belajar,” ungkap Windy Wariki, ibunda Taro.

Bocah kelahiran Jepang, 8 Agustus 2006 ini sekarang sudah masuk ke SMP Lokon dan akan tinggal di asrama. “Pastinya Taro akan siap menjalani hari-hari di asrama karena kedua kakaknya merupakan alumni dari sekolah yang sama,” jelas Windy.

Terpisah, Taro saat diwawancarai Manado Post, ditanya soal sosok yang diidolakannya, dengan polos ia menjawab kedua kakaknya. “Mengidolakan kakak-kakak karena sering bermain bersama kalau di rumah, apalagi diajarkan bermain basket,” ungkap Taro yang mengaku hobi basket ditularkan dari kakaknya.

Sang ayah pun berkomentar, putra bungsunya ini memang terlihat malu-malu. "Taro memang lahir di Jepang, sehingga namanya berbeda dengan dua kakaknya yakni Waraney dan Kinamang. Saat di Korea tidak menyulitkan kami dalam hal makanan karena sudah terbiasa di Jepang,” jelas Kakaskasen Andris Roeroe.

Penyambutan dari Pemerintah Kota Tomohon sebagai bentuk dorongan untuk siswa berprestasi. “Pemerintah support penuh selama untuk memajukan pendidikan Tomohon. Apalagi Taro sebagai putra asli Tomohon,” tandas Wali Kota Tomohon Jimmy Eman.

Pemerintah siap beasiswa berupa uang tunai untuk persiapan Taro dalam ajang World Mathematics Team Championship Bulgaria, November. “Kita akan mencoba memfasilitasi lewat APBD-Perubahan, mengingat dalam waktu dekat siswa ini akan ikuti lomba yang lebih kompetitif,” sambung Ketua DPRD Tomohon Miky Wenur.

Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Tomohon Dr Juliana Karwur berharap Taro terus berprestasi. “Sekarang dia (Taro, red) sudah masuk SMP kelas VII,” tutupnya.(mpo/gnr)

12
Kirim Komentar