19 Jul 2018 17:22

Menlu RI Bawa Obor Asian Games 2018, Torch Relay Resmi Dimulai

MyPassion
Menlu Retno Marsudi menjadi yang pertama membawa obor Asian Games 2018 (Isa Bustomi/JawaPos.com)

MANADOPOSTONLINE.COM — Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, Retno Marsudi menjadi sosok pertama yang membawa obor Asian Games 2018 dari Kraton, Jogjakarta, Kamis (19/7). Hal itu sekaligus menjadi menjadi awal torch relay akan keliling di 18 provinsi.

Seperti diketahui, penggabungan api abadi Mrapen dan India telah dilakukan di Prambanan, Jawa Tengah, Rabu (17/7). Setelah penggabungan api abadi itu, obor diserahkan kepada Cristina Finarsih yang juga merupakan legenda bulu tangkis Indonesia peraih medali perunggu Asian Games 1994.

Setelah melalui prosesi yang diiringi tarian Kido Jati Roso khas Jogjakarta, obor tersebut diserahkan oleh Kapolda DIY Brigjen Ahmad Dofiri kepada Menlu Retno Marsudi di gerbang Kraton.

"Menlu yang berkenan membawa obor bersama kita semua. Semoga niat baik kita yang dimulai hari ini, hingga Asian Games mendapat ridho dari Allah," ujar Sekretaris Jenderal INASGOC, Eris Herryanto.

Setelah penyerahan, obor tersebut dibawa Retno sejauh 300 meter. Obor diestafetkan kepada Finarsih untuk terus berputar.

Obor tersebut melewati Jogjakarta melalui rute Jalan Bhayangkara, Pertigaan Ngupasan, Pertigaan Pasar Kembang hingga Istana Negara yang diterima oleh legenda bulu tangkis Indonesia, Susy Susanti.

Obor terus dibawa melintasi Taman Parkir, Jogjatronik, Diskominfo, Pojok Benteng Kulon hingga Bundaran Samsat sebelum akhirnya menuju Solo. Nantinya obor akan terus berjalan menuju 53 kota-kota besar di Indonesia.

"Kami sangat senang dengan dimulainya Torch Relay dari DIY. Karena itu kami panitia INASGOC sangat berterima kasih masyarakat Jogjakarta yang sangat antusias untuk menyambut Asian Games 2018," tutupnya. (jawapos.com/mpo)

Kirim Komentar