18 Jul 2018 15:03

Di Nepal Ibu Sering tak Punya Ongkos Bus untuk Lahirkan di RS

MyPassion
Salah satu alasan utama wanita pedesaan tidak pergi ke rumah sakit saat melahirkan adalah karena mereka tidak memiliki uang tunai untuk membayar transportasi (Reuters)

MANADOPOSTONLINE.COM — Sebagai seorang remaja, Meera Nepali sangat ketakutan ketika dia melahirkan anak pertamanya di rumah yang berada desa terpencil. Jaraknya bermil-mil dari rumah sakit, dan dia tidak memiliki siapapun kecuali ibu mertuanya untuk membantu.

"Saya takut, tetapi itu adalah norma. Kami tidak memiliki dokter di dekatnya," kata Nepali dilansir Channel News Asia Selasa (17/7).

Namun tahun ini dia melahirkan anak keduanya di sebuah pusat kesehatan pedesaan. Ada sebuah pengumpulan uang untuk membawa perempuan hamil ke rumah sakit dan untuk membayar ongkos bus mereka.

The Aama Surakshya atau perlindungan untuk ibu, program ini telah membantu lebih dari dua juta wanita Nepal untuk mengakses layanan medis di negara miskin. Sebab mati saat melahirkan masih merupakan risiko yang sangat nyata di Nepal.

PBB mengatakan bahwa melahirkan menjadi penyebab utama kematian perempuan di Nepal. Risiko kematian saat melahirkan lebih tinggi daripada di tempat lain di Asia Selatan kecuali Afghanistan.

"Kami menemukan bahwa salah satu alasan utama wanita pedesaan tidak pergi ke rumah sakit saat melahirkan adalah karena mereka tidak memiliki uang tunai untuk membayar transportasi," kata Suresh Tiwari, salah satu pendiri skema program tersebut.

Program ini dimulai pada tahun 2005 dengan uang bantuan Inggris tetapi sejak itu telah diambil alih oleh Pemerintah Nepal. Tidak hanya mencakup transportasi tetapi biaya medis untuk ibu dan bayi dan termasuk bonus uang tunai untuk pemeriksaan kehamilan.

"Insentif layanan dan transportasi gratis telah sangat efektif dalam membawa perempuan ke pusat kesehatan dan rumah sakit, mereka dapat diselamatkan dalam kasus komplikasi," kata Tara Nath Pokharel, Kepala Divisi Kesehatan Keluarga, yang sekarang menjalankan program tersebut. (jawapos.com/mpo)

Kirim Komentar