18 Jul 2018 14:54

BPJS-TK Sasar Perangkat Desa

MyPassion
Tri Candra Kartika

MANADOPOSTONLINE.COM—Perangkat desa se-Sulut bakal disasar perlindungan dari Badan penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS-TK). Pasalnya, perusahaan pemerintah yang bertanggung jawab memberikan perlindungan sosial kepada masyarakat ini menargetkan seluruh perangkat desa tercover. “Kali ini kami akan menargetkan kepesertaan aparatur desa/perangkat desa non- Aparatur Sipil Negara (ASN) karena potensi masih cukup besar,” kata Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Manado Tri Candra Kartika.

Dia menjelaskan, setelah sukses menjaring pekerja lintas agama di Sulut sebagai peserta yang jumlahnya mencapai 35 ribu orang, pihaknya akan menyasar perangkat desa. “Rencana ini sudah sempat diungkapkan kepada Pak Gubernur Olly Dondokambey dalam beberapa pertemuan. Namun masih perlu penegasan kembali berikut penataan mekanisme maupun teknisnya,” ujar Tri.

Menurutnya, hal ini sangat penting, mengingat aparatur desa juga merupakan pekerja sosial yang perlu dilindungi. “Untuk maksud tersebut kita tengah mempersiapkan mekanisme untuk disampaikan ke Pak Gubernur agar secepatnya agar dapat direalisasikan,” sebut dia. Dirinya berujar, pihaknya tetap melakukan fungsi regulasi dan sosialisasi berkaitan dengan kepesertaan aparatur desa yang tersebar di 15 kabupaten/kota. “Sehingga apresiasi kepada pemerintah provinsi, terutama Pak Gubernur atas dukungannya,” ujarnya.

Tidak hanya pekerja lintas agama, lanjutnya, aparatur desa juga berhak mendapatkan perlindungan jaminan sosial. Hal ini juga merupakan upaya dari Kemendagri agar seluruh aparat desa mendapatkan kesetaraan perlindungan jaminan sosial seperti halnya ASN. “Dari 15 kabupaten/kota di Sulut, sudah ada beberapa kabupaten yang mendaftarkan aparat desanya, sehingga tinggal beberapa lagi yang akan disasar,” pungkas Tri. (fgn)

Kirim Komentar