17 Jul 2018 11:50

465 WN Filipina Diusul Jadi WNI

MyPassion
Efreinhard Lomboan

MANADOPOSTONLINE.COM — Masih banyak warga tanpa kewarganegaraan di Bitung, yang berharap jadi warga negara Indonesia. Kebanyakan dari mereka berasal dari Filipina. Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bitung Efreinhard Lomboan mengatakan, mereka saat ini kebanyakan bekerja sebagai nelayan. Alasan datang lantaran di Indonesia mereka bisa dapatkan ikan yang cukup untuk menghidupi keluarga. "Tahun ini kami sementara mengusulkan 465 warga Filipina di Bitung untuk pindah menjadi WNI ke kementerian. Semoga itu cepat disetujui," bebernya.

Sementara itu, Seony Oranu warga General Santos City, South Cotabato Filipina yang saat ini tinggal di Kelurahan Manembo-nembo berharap hal itu secepatnya terwujud. "Saya datang delapan tahun lalu menyusul suami yang sudah duluan ke sini," tuturnya.

Hingga saat ini katanya, mereka diwajibkan melaporkan diri sebulan sekali. "Kami sangat menginginkan status warga negara Indonesia. Kami sudah masukkan permohonan ke Imigrasi dan sampai sekarang masih menunggu," jelasnya.

Sebab menurutnya, tanpa status WNI mereka kesusahan untuk melakukan aktivitas. Selain itu, juga kesulitan untuk menyekolahkan anak. "Tahun depan anak saya berusia tujuh tahun. Kalau mau sekolah kan harus ada akte kelahiran. Bagaimana bisa ada akte kelahiran kalau belum berstatus WNI" tukasnya. (tr-03/tan)

Kirim Komentar