16 Jul 2018 15:57

3 Anggota Tim Penyelamat 12 Anak Thailand Asal Australia Dapat Kekebalan Diplomatik

MyPassion
Petugas Pencarian di Dalam Gua Tham Luang (Reuters/Stringer)

MANADOPOSTONLINE.COM—Pemerintah Thailand memberikan status kekebalan diplomatik kepada tiga anggota tim penyelamat Australia yang berjasa mengevakuasi 12 anak dan seorang pelatih dari dalam gua.

Keterangan tersebut disampaikan oleh Menteri Luar Negeri Thailand Don Pramudwinai. Dia mengatakan, warga Australia yang mendapat status imunitas adalah Dokter Richard Harris dan dua orang asistennya.

"Dokter Richard Harris melakukan sebagian besar tugas medis yang ditanggungjawabkan kepadanya, tapi jika ada sesuatu yang salah dia butuh proteksi," sebut Don seperti dikutip dari Reuters, Senin (16/7).

"Kami menyediakan (imunitas) hanya kepada Richard Harris dan dua asistennya, hanya pada tim Australia," sambung dia.

Don mengatakan, dalam misi evakuasi pasti ada banyak risiko yang ditanggung. Oleh sebab itu, kekebalan diplomatik penting diberikan kepada ketiga individu tersebut.

"Pemerintah Thailand ingin mengucapkan terima kasih kepada Dokter Harris," tutur dia.

Terkait pemberian imunitas, Kementerian Luar Negeri Australia menolak memberikan komentar.

Harris merupakan ahli anestesi yang masuk ke dalam gua Tham Luang untuk memeriksa kesehatan 13 orang yang terjebak di dalam tempat tersebut. Ia merupakan salah satu orang terakhir yang keluar dari gua tersebut.

Selama 17 hari upaya evakuasi dilakukan, tak cuma tim Thailand dan Australia yang ikut serta namun pula melibatkan beberapa negara lain.(Kumparan/mpo)

Kirim Komentar