13 Jul 2018 11:50

Waspada Cuaca Buruk

MyPassion
Hujan disertai angin kencang memicu gelombang tinggi di perairan Sitaro. Nelayan diminta waspada menghadapi cuaca ekstrem ini. (Don Papuling/MP)

MANADOPOSTONLINE.COM — Gelombang tinggi disertai hujan dan angin kencang yang sering terjadi secara mendadak di Kabupaten Kepulauan Sitaro, terus mendapat atensi dari Pemerintah. Kepala BPBD Sitaro Ch Bob Wuaten meminta seluruh pengendara waspada. "Sebab angin kencang banyak menyebabkan ranting maupun cabang pohon patah. Ini sangat membahayakan pengendara," ucapnya. Dia mengingatkan masyarakat yang tinggal di wilayah berpohon rimbun waspada. “Kalau perlu rajin membersihkan ranting maupun cabang yang sudah mengering. Agar tidak jatuh menimpa orang terutama anak-anak," tuturnya.

Lanjut Wuaten, pihaknya terus mobile mengantisipasi jika ada pohon tumbang dan menutupi akses jalan. "Pastinya jika ada kejadian kami langsung ke lokasi melakukan pembersihan," singkatnya.

Plt Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Stenly Langi meminta nelayan untuk waspada saat melaut. "Sebab pada cuaca pancaroba seperti ini sangat berpotensi terjadi gelombang tinggi, serta laut berarus. Untuk itu jika cuaca tidak memungkinkan sebaiknya jangan memaksakan diri," tuturnya. (drp/gel)

Kirim Komentar