13 Jul 2018 08:29
Biro Humas dan Pemerintahan Disorot

Terungkap Saat RDP, Ternyata Banyak Masyarakat Sulut Tak Tahu Program Pemprov

MyPassion
DISOROT: Komisi I DPRD Sulut menggelar RDP dengan mitra kerja, kemarin. Salah satunya bersama Kepala Biro Pemerintahan dan Humas Setprov. (Angel Rumeen/MP)

MANADO—Biro Humas dan Pemerintahan Pemprov Sulut tuai sorotan. Sorotan ini datang dari DPRD Sulut saat rapat dengar pendapat (RDP), kemarin (12/7).  Biro Humas dan Pemerintahan dinilai kurang berperan menyosialisasikan program pemerintah kepada masyarakat.

Anggota Komisi I Jems Tuuk menilai, banyak kegiatan dan program Gubernur Sulut Olly Dondokambey (OD) dan Wagub Sulut Steven Kandouw (SK) tak tersosialisasi dengan baik.

“Belum semua masyarakat di Sulut mengetahui program pemerintah. Ini tugasnya Biro Humas,” tegasnya.

Tuuk mencontohkan, saat pelaksanaan Harganas baru-baru ini banyak masyarakat di luar Manado tidak tahu. Seperti ketika acara HUT GMIBM waktu lalu. “Saat itu saya menjelaskan alasan Pak Gubernur tak hadir, karena ada pelaksanaan Harganas. Dari sekira 4.000 yang hadir 60 persen bertanya-tanya apa itu Harganas,” papar Tuuk.

Dia meminta Biro Pemerintahan dan Humas lebih proaktif dan mencarikan solusi agar program OD-SK tersosialisasi dengan baik. “Misalnya berkoordinasi dengan instansi lain untuk memaksimalkan sosialisasi. Bisa menggandeng Badan Pemberdayaan Desa untuk koran masuk desa melalui dana desa, dan terobosan lain,” sebut politikus PDIP ini.

Ketua Komisi I Ferdinand Mewengkang menambahkan, Biro Pemerintahan Humas bisa juga kerja sama dengan Humas di kabupaten/kota atau kecamatan untuk sosialisasi program pemerintahan.

Netty Pantow, anggota yang lain, menyorot pemasangan fiber optic di kepulauan yang sudah sementara dilakukan tapi tak diketahui DPRD. Menurutnya, Biro Humas dan Pemerintahan juga tidak mampu menyosialisasikan program pemerintah itu.

Sementara, Kepala Biro Pemerintahan dan Humas Jemmy Kumendong mengaku berterima kasih untuk semua masukan dari Komisi I tersebut. (gel)

Kirim Komentar