13 Jul 2018 10:17

Remaja Dominasi Pelanggaran Lantas

MyPassion
Pelanggaran lalu lintas di wilayah Polres Minahasa paling banyak didominasi oleh anak remaja. (Mendy Pangalila/MP)

MANADOPOSTONLINE.COM — Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Minahasa sejak Januari hingga Juni sudah menjaring 272 pelanggar lalu lintas (lantas). Angka ini khusus pelanggaran yang dilakukan anak-anak di bawah umur atau di umur remaja (di bawah 17 tahun). “Khusus anak di bawah umur, semester satu kita sudah menindak 272 kasus. Paling banyak tidak memiliki SIM,” beber Kepala Satuan (Kasat) Lantas Polres Minahasa AKP Rudy Repi.

Dia berujar, selain tidak lengkap surat, pelanggar yang umumnya remaja ini juga kerap mengendarai kendaraan yang sudah dimodifikasi. “Sudah tidak memiliki SIM, di tambah lagi kendaraannya menggunakan knalpot racing,” kata dia. Mantan PJR Polda Sulut ini mengimbau, orang tua harus lebih memperhatikan anak-anak. “Orang tua juga, bila ada kendaraan di rumah agar jangan sembarangan diberikan ke anak. Apalagi anaknya belum cukup umur dan belum punya SIM,” ujar Repi.

Di sisi lain, tokoh masyarakat Minahasa Herry Pantouw mengatakan, dalam menyikapi kasus seperti ini orang tua harus meberikan arahan.  “Peran orang tua sangat penting untuk tidak memberikan kelonggaran kepada anak-anak. Walaupun kasih sayang terhadap anak itu sangat penting tapi lebih baik berikan arahan agar tidak mengizinkan anak membawa kendaraan karena akibatnya bisa fatal,” singkat Pantouw. (tr-08/fgn)

Kirim Komentar