13 Jul 2018 09:36

Buruh Desak PT Delta Segera Beroperasi

MyPassion
Suasana unjuk rasa yang dilakukan para buruh PT Delta di depan Kantor Wali Kota Bitung, Kamis (12/7). (Lerby Tamuntuan/MP)

MANADOPOSTONLINE.COM — Pasca ditutupnya PT Delta Pasific Indo Tuna dan masalah yang tak kunjung selesai di perusahaan tersebut, ratusan buruh melakukan aksi damai dengan mendatangi Kantor Wali Kota Bitung, Kamis (12/07).

Koordinator aksi Ketua Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI) Kota Bitung Rocky Oroh menuturkan, unjuk rasa ini tanpa batas waktu sampai aktivitas produksi pabrik ikan berjalan kembali. "Kami meminta kepada pemerintah kota untuk bisa membuka kembali perusahaan tempat mereka bekerja. Pasalnya sudah lama pemerintah terkesan diam dengan masalah ini. Ada yang cacat dalam hal ini, pemerintah harus bertanggung jawab,” kata Oroh dalam orasinya.

Lanjutnya, para karyawan ingin memastikan PT Delta bisa dibuka kembali. Apabila tak ada keputusan dari pemerintah, mereka mengancam akan menduduki kantor wali kota selama tiga hari. "Kita pastikan PT Delta bisa beroperasi kembali dan apabila hari ini belum ada keputusan, kita akan tetap di sini sampai tiga hari ke depan,” teriak Oroh.

Oroh mengungkapkan, dampak dari penutupan perusahaan tersebut sangat besar. Seperti hilangnya investasi dan memutus mata rantai perekonomian yang mengakibatkan timbulnya efek negatif lain. "Kami hadir di sini masih memberikan harapan kepada Pemerintah Kota Bitung untuk menyelesaikan masalah PT Delta Pasific Indotuna. Karena di sana ada ratusan karyawan yang terancam kehilangan pekerjaanya," ungkapnya.

Setelah melakukan mediasi bersama pemerintah kota dalam hal ini Asisten I Pemkot Bitung dan Kadisnaker Kota Bitung, para buruh masih harus menunggu hingga Senin depan untuk bisa memastikan dibuka atau tidaknya perusahaan tersebut.(tr-03/tan)

Kirim Komentar