13 Jul 2018 09:19

Bangunan Ilegal Masih Marak di Manado, Camat-Lurah Wajib Ikut Mengawasi

MyPassion
Roy Maramis

MANADOPOSTONLINE.COM — Legislator Manado menyorot masih banyak bangunan yang tidak memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB) alias ilegal. “Kami meminta instansi teknis mengawasi pembangunan Kota Manado. Sebab banyak bangunan yang tidak memiliki IMB,” ujar anggota Komisi A DPRD Manado Roy Maramis.

Menurut Maramis, hal ini dibuktikan banyak bangunan menyalahi aturan karena dibangun di pinggiran sungai, dekat jalan utama. “Intansi teknis harus rutin turun lapangan menegakan perda. Kalau ada menyalahi aturan diberikan surat teguran. Jangan dibiarkan. Kalau dibiarkan, akan mewabah ke tempat lain,” katanya.

Dia mengakui, untuk membuat penataan Manado lebih baik, harus dibutuhkan ketegasan dan konsistensi pemerintah. Sehingga akan ada efek jerah.

“Silakan berikan teguran dan tindakan kalau menyalahi aturan. Tapi sesuai dengan aturan dan prosedur yang ada. Sehingga tidak melukai masyarakat,” jelasnya.

Selain itu katanya, lurah dan camat harus proaktif mengawasi setiap pembangunan di wilayah masing-masing. “Kalau belum ada IMB jangan diizin mendirikan bangunan. Lebih baik dihentikan sehingga, sambil menunggu IMB keluar,” katanya.

Terpisah, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM dan PTSP) Jimmy Rotinsulu meminta pelaku usaha atau masyarakat sebelum membangun, terlebih dahulu mengurus IMB. “Jangan selesai membangun baru mengurus IMB. Itu salah. Seharus mengurus IMB dulu baru membangun,” ujarnya.

Lanjutnya, sebab dalam pengurusan IMB akan dilihat apakah bangunan tersebut sesuai dengan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Manado atau tidak.

“Sebab ada wilayah yang dilarang dibangun. Seperti pinggiran sungai, dekat dengan batas jalan, daerah resapan air dan lain-lain. Makanya pengurusan IMB itu penting,” katanya.

Dia juga meminta, lurah sebagai ujung tomba membantu pemerintah dalam pengawasan. Karena paling tahu wilayah masing-masing dan dekat masyarakat itu lurah.

“Jadi kalau ada bangunan baru, harus ditanyakan dulu. Kalau tidak memiliki IMB diminta mengurus, sampai IMB keluar baru diperbolehkan untuk membangun,” pungkasnya. (ite/can)  

Kirim Komentar