13 Jul 2018 10:13

BI Lirik Nanas Kotamobagu

MyPassion
Wali Kota Tatong Bara dan Kepala Kantor BI Perwakilan Sulut Soekowardojo, usai menandatangani perjanjian kerja sama, di Hotel Sutan Raja, Kamis (12/7). (Claudia Rondonuwu/MP)

MANADOPOSTONLINE.COM — Nanas Kotamobagu memang punya daya tarik. Kualitasnya membuat Bank Indonesia (BI) melirik komoditi unggulan para petani di Mongkonai itu. Kemarin (12/7), Wali Kota Kotamobagu Tatong Bara menandatangani Memoradum of Understanding (MoU) bersama BI Perwakilan Sulut terkait cluster UMKM unggulan untuk tanaman nanas.

Kepala Kantor BI Perwakilan Sulut Soekowardojo mengatakan, dipilihnya nanas Mongkonai sebab rasa dan kualitasnya sangat baik. "Beberapa bulan lalu sudah ada calon investor yang melirik nanas ini. Nah, tinggal bagaimana kita coba membantu hingga ke pemasaran dan berkoordinasi kembali dengan investor yang datang dari Tiongkok itu," ungkapnya.

Kata dia, pihak investor yang datang beberapa waktu lalu itu, datang untuk menghitung luas wilayah pengembangan komoditi ini di Kotamobagu dan sekitarnya. "Apakah luas yang ada itu cukup untuk dikelola oleh satu pabrik. Terkait itu, pemerintah sudah meyakinkan bahwa cukup," tukasnya.

Sementara itu, Wali Kota Tatong Bara bersyukur adanya pendampingan ini. Tatong berharap dengan pendampingan ini para petani dapat meningkatkan produksi nanas. "Mudah-mudahan dari sisi produksinya terjaga terus. Tingkatkan kualitasnya sehingga bisa menjadi sesuatu yang baik bagi petani," singkatnya. (tr-06/tan)

Kirim Komentar