13 Jul 2018 09:59

Awasi Orang Asing, Pemkab Sitaro Bersama Kemenkum-HAM dan Imigrasi Bentuk Tim Pora

MyPassion
Sekkab Sitaro Herry Bogar membuka rapat koordinasi Tim Pora di Hotel Jakarta, Ulu Siau, Kecamatan Siau Timur, Kamis (12/7) kemarin. (Humas)

MANADOPOSTONLINE.COM — Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sitaro bersama Kemenkum-HAM Kanwil Sulut dan Kantor Imigrasi Kelas II Tahuna, menggelar rapat koordinasi (Rakor) Tim Pengawasan Orang Asing (Tim Pora), Kamis (12/7) di Hotel Jakarta Ulu. Sekkab Sitaro Drs Herry Bogar MM mengatakan pembentukan Tim Pora sangat diperlukan, sebagai upaya deteksi dini terjadinya pelanggaran dan tindak pidana keimigrasian.

Sebab lanjut Bogar, setiap orang asing yang berkunjung serta tinggal di wilayah Indonesia memiliki tujuan dan kepentingan. “Tentunya ada berbagai hal muncul dalam perkembangan kemajuan daerah. Dampak positifnya, majunya aspek pariwisata yang kemudian akan mendukung perkembangan ekonomi masyarakat," jelasnya. Namun, lanjut Bogar, pemerintah harus mewaspadai masuknya orang asing ke daerah. “Jangan-jangan membawa misi radikal, yang bisa mengoyak persatuan dan kesatuan," terangnya.

Sementara itu, Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkum-HAM Sulut Jamaruli Manuhuruk SH MH menambahkan, pembentukan Tim Pora, merupakan pelaksanaan tugas yang telah tertuang jelas dalam UUD No 6 Tahun 2011, tentang keimigrasian. "Dengan adanya Tim Pora, maka akan terjalin koordinasi serta sinergitas dari setiap stakeholder terkait untuk sama-sama menerapkan peraturan keimigrasian dalam menjaga keamanan dan kenyamanan di Kabupaten Sitaro," singkatnya. (drp/gel)

 

Kirim Komentar