13 Jul 2018 11:01

15 Ormas di Bitung Terdata di Kemendagri

MyPassion
Grafis

MANADOPOSTONLINE.COM — Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Bitung mencatat ada 15 organisasi kemasyarakatan (ormas) di kota Cakalang yang terdata di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

"Sebenarnya banyak, namun setelah ada surat dari Kemendagri tentang pendaftaran kembali Ormas, baru 15 yang sah," ujar Kabid Fasilitasi Seni Budaya Ekonomi Gama dan Kemasyarakatan Kesbangpol Bitung Rosye Rumampuk, Kamis (12/7).

Ia menjelaskan, Kesbangpol hanya menerbitkan keabsahan dokumen. Namun untuk SK terdaftar dari Kemendagri. "Berkas yang akan didaftarkan kami periksa, termasuk verifikasi, kemudian kami kirimkan ke Kemendagri untuk menerbitkan SK terdaftar," jelasnya.

Lanjutnya, untuk pengurusan SK bisa langsung ke Kemendagri. Namun jika sudah ada SK keluar, harus segera didaftarkan ke Kesbangpol.

Terkait pembuatan ormas, pihaknya sudah menyampaikan ke semua kelurahan, untuk wajib mengantongi izin. Sebab pengurusan izin sangat perlu untuk mengantisipasi munculnya ormas yang tidak dikenal. "Ada juga beberapa yang sudah mendaftar namun belum kembali melengkapi berkas, sehingga belum bisa didaftarkan," tandasnya. (tr-03/tan)

Kirim Komentar