12 Jul 2018 12:07

Thailand Minati Ikan Hias Sulut

MyPassion
Ilustrasi ikan hias.(dok)

MANADOPOSTONLINE.COM—Ikan hias dari Sulut ternyata diminati Thailand. Hal ini berdasarkan data ekspor Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sulut. Tercatat, ikan hias hidup dari Sulut diekspor ke Thailand di awal bulan. “Ikan hias hidup yang diekspor ke Bangkok (Thailand) sebanyak 850 ekor. Mampu menghasilkan devisa bagi negara sebesar USD 800,” beber Kepala Bidang Perdagangan Luar Negeri Darwin Muksin.

Dia mengatakan, permintaan ikan hias hidup dari Bangkok cukup tinggi, karena pembeli negara tersebut sangat meminati variasi warna ikan dari Sulut yang unik dan beragam. “Pemerintah akan terus mendukung semua pengekspor dan calon eksportir di Sulut dalam mencari pasar baru. Kami akan terus memasarkan semua komoditas yang berpotensi ekspor di sertiap kesempatan baik domestik maupun internasional,” jelasnya.

Ada begitu banyak produk pangan dan perikanan Sulut yang sangat disukai oleh pasar internasional, dan harus terus didorong. Pasar Eropa, katanya, sangat selektif dalam membeli produk dari negara lain, sehingga pengekspor asal Sulut jangan sampai mengecewakan. “Produk perikanan Sulut sangat potensial dan harus dimanfaatkan dengan baik oleh nelayan dan pelaku usaha di daerah,” kunci Muksin. (fgn)

Kirim Komentar